Ulama: Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy Tidak Bisa Cerai di Pengadilan Agama

Dhena Devanka, dari Karyawan TV, Pacaran Hingga Nikah Diam-diam dengan Jonathan Frizzy
Dhena Devanka, dari Karyawan TV, Pacaran Hingga Nikah Diam-diam dengan Jonathan Frizzy

TABLOIDBINTANG.COM – Masyarakat masih ingin tahu dengan kekacauan rumah tangga pasangan Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy (Ijonk). Saat sebelum menikah, Dhena Devanka memeluk agama islam. Selanjutnya beralih agama jadi Kristen ikuti kepercayaan Ijonk dan dibaptis pada 2011 sebelumnya terakhir menikah pada 27 Mei 2012 dengan pemberkatan nikah secara Kristen.

Dhena dan Ijonk yang memiliki tiga orang anak, sekian tahun cukup adem ayem tidak kedengar ada permasalahan dalam rumah tangga mereka. Tetapi beberapa bulan akhir cukup marak rumor perselisihan terjadi dalam rumah tangga mereka.

Benny Simanjuntak, paman Ijonk, ungkap dua argumen yang membuat Ijonk-Dhena memiliki konflik. Pertama, Dhena dipandang permainkan agama. Untuk dapat menikah, Dhena Devanka janji untuk ikuti agama Ijonk. Janji itu, bahkan juga disampaikan ibu tiga anak itu di depan keluarga besar Ijonk. Tetapi terakhir Dhena kembali lagi ke agama sebelumnya.

Dhena juga pada akhirnya mendaftar tuntutan pisah, tidak ke Pengadilan Negeri seperti wajarnya dan sama sesuai ketetapan Undang-undang, jika pernikahan di luar agama islam, tuntutan pisah cuman dapat dilaksanakan melalui Pengadilan Negeri. Dhena malah mendaftarakan tuntutan pisah melalui Pengadilan Agama, seakan pernikahannya dengan Ijonk dilaksanakan secara Islam dan tercatat di KUA.

Menurut Sekretaris Komisi Fatwa MUI Kota Bogor, KH. Khotimi Bahri, S.Ag, MP, bila pasangan suami istri menikah dengan di luar Islam, pasti tidak bisa berpisah di Pengadilan Agama, tetapi di Pengadilan Negeri. Walau betul satu dari pasangan itu, baik istri atau suami telah memeluk agama islam.

Untuk kasus Dhena dan Ijonk, karena menikah di luar Islam, karena itu tidak pernah diakui oleh Islam dan Pengadilan Agama, walaupun Dhena saat ini telah menjadi lagi seorang muslimah. Oleh karenanya, perpisahan secara hukum negara harus didaftarkan lewat Pengadilan Negeri.

Pasti jadi pertanyaan, kenapa Dhena mendaftar tuntutan pisah lewat Pengadilan Agama?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *