Beranda » Tanda-Tandanya Kamu Seorang People Pleaser, Melelahkan Lho…

Tanda-Tandanya Kamu Seorang People Pleaser, Melelahkan Lho…

TABLOIDBINTANG.COM – People pelaser adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang selalu berusaha membuat orang lain senang, tapi jadi lupa dengan kebahagiaan diri sendiri. Terkadang cenderung membuang-buang waktu dan energi orang lain. Yang penting teman atau orang-orang di sekitarmu senang, yang penting mereka nyaman berada di dekatmu. Tapi gimana dengan kita sendiri?

Banyak alasan yang melatari kenapa seseorang memiliki kecenderungan bersikap seperti ini. Bisa jadi salah satunya karena rasa percaya diri yang sebenarnya rendah, atau tuntutan keluarga di masa lalu, yang selelu menuntutmu untuk menjadi pribadi yang membanggakan, hebat, di mata orang lain.

Baik pada orang lain, menjadi hebat dan dapat diandalkan orang di tengah lingkunganmu, menyenangkan orang hal yang positif. Tetapi jangan berlebihan juga, karena akan berimbas lagi pada kondisi mental kita. Dikutip dari @katies.self,care.diaries dan @perempuanberbagicerita, ini tanda-tandanya kalau kamu seorang people pleaser?

• Sulit Berkata “Tidak”

Kamu tak bisa berkata “tidak” atau “menolak sesuatu”, demi membuat orang lain merasa senang. Padahal kamu sendiri merasa tidak nyaman. Susah banget bagimu untuk “say no”, meski hati sebenarnya nggak terlalu ingin melakukannya. Ini sebenarnya menyiksa bukan? Tapi kamu nggak enakan, kamu takut orang akan berpandangan buruk kalau kamu bilang “tidak”.

• Suka Merasa Nggak Enak Hingga Merasa Bersalah Sendiri

Mereka yang “people pleaser”, cenderung memiliki sikap yang suka merasa nggak enak. Nggak enak kalau menolak ajakan dia, nggak enak kalau menolak tidak melakukan hal ini atau itu untuk seseorang. Pokoknya serba nggak enakan. Sudah sering merasa nggak enak, kamu juga sering dihinggapi rasa bersalah terhadap banyak hal. Kadang suka menyalahkan diri sendiri atas suatu hal yang sebenarnya bukan salah kamu juga.

• Suka Susah Mengambil Keputusan

Kalau sudah susah bilang “tidak”, selanjutnya dapat dipastikan kamu suka susah mengambil keputusan. Kamu terlalu banyak menimbang-nimbang, memikirkan bagaimana perasaan orang lain atau tanggapan orang lain dengan keputusanmu. Inilah yang membuatmu sesuah membuat suatu keputusan.

• Sering Minta Maaf Berlebihan

Mau meminta maaf adalah hal yang baik dan memang patut dilakukan, kalau kamu memang melakukan kesalahan. Tapi seorang people pleaser, sedikit-sedikit mengucapkan kata maaf, bahkan untuk hal-hal yang kecil, yang sebenarnya bukan salah siapa-siapa juga. Ini demi dirinya tidak dianggap mengganggu apalagi sampai menyakiti orang lain.

• Berusaha Menghindari Konflik

Ingin selalu terlihat baik menyenangkan, seorang people pleaser akan mennghindari konflik sebisa mungkin. Bahkan terkadang, hingga menyusahkan diri sendiri. Demi tak berkonflik, jadi makan hati sendiri.

• Berpura-pura Setuju, Padahal Sebenarnya Tidak Setuju

Ya, ini pastinya akan terjadi. Karena kamu nggak bisa bilang “nggak”, mau menyenangkan semua orang, kamu menghindari konflik, maka kamu akan berpura-pura setuju atas suatu hal atau suatu keputusan, padahal sebenarnya dalam hati kamu juga nggak sependapat-sependarapat amat.

• Bergantung Pada Orang Lain Untuk Kebutuhan Emosional Sendiri

Kamu tak pernah merasa nyaman dengan diri sendiri. Tak pernah terlalu percaya pada diri sendiri. Kamu selalu membutuhkan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan emosionalmu. Butuh penghargaan dari orang lain, butuh kasih sayang dan perhatian dari orang lain, dalam kadar yang agak lebih dari orang pada umumnya.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.