Beranda » Super Mager Saat Weekend, Salahnya di Mana Ya? 

Super Mager Saat Weekend, Salahnya di Mana Ya? 

TABLOIDBINTANG.COM – Idealnya, libur akhir pekan atau weekend, disambut dengan suka cita. Ini waktu yang dinanti-nanti setiap minggunya untuk bisa bersenang-senang, bebas dari rutinitas di hari kerja. Kita bisa memanfaatkan hari libur untuk jalan-jalan ke mal, menonton film di bioskop, atau pergi ke taman hiburan bersama anak bagi yang sudah berkeluarga.  

Akan tetapi, tidak dipungkiri, sekarang ini makin banyak saja orang yang memilih mengisi liburannya dengan ‘mager’ atau bahkan rebahan saja. Seolah sangat kehabisan energi. Anehnya, kelompok penganut istirahat penuh saat weekend ini juga yang kebanyakan mengeluh ketika Senin datang lagi keesokan harinya.

Salahnya di mana, ya? Dr. Holmes, penulis buku Happier Hour: How to Beat Distraction, Expand Your Time, and Focus on What Matters Most yang belum lama ini diluncurkan, membagikan pandangannya. Seperti dilansir dari laman Self, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan agar weekeed Anda kembali penuh gairah. Pun bersemangat menyambut hari Senin! 

1. Periksa aktivitas keseharian 

Tidak cukup satu atau dua hari. Dr. Holmes menyarankan untuk membuat catatan aktivitas selama satu atau dua minggu. Tuliskan aktivitas secara terperinci, jangan garis besarnya saja. Misalnya; ‘perjalanan menuju stasiun’, ‘rapat divisi’, ‘masak’, ‘menyetrika pakaian’, ‘baca novel’, ‘memandikan si kecil’, dan lain-lain. Beri skor dari 1-10. Semakin tinggi berarti yang paling membuat Anda bahagia. Sesuatu yang membuat Anda tersenyum saat melakukannya, sesuatu yang bisa Anda kerjakan dengan cepat, menimbulkan sejenis perasaan senang yang membuncah, maka layak masuk aktivitas dengan skor tinggi. Sebaliknya, aktivitas yang hanya memicu kemarahan, dilakukan sambil mengantuk, dan semacamnya, patut diberi skor kecil. 

2. Jadikan prioritas hal-hal yang paling membuat Anda bahagia 

Bukan berarti hal yang tidak membuat Anda tidak bahagia seketika dihilangkan. Jika rapat kantor termasuk yang tidak membuat bahagia, tidak bisa ditiadakan juga, kan? Namun hal-hal yang paling membuat Anda bahagia bisa diprioritaskan. Hukumnya wajib dilakukan setiap hari, bahkan jika bisa ditingkatkan intensitasnya. Aktivitas scrolling media sosial jelang tidur, walau bikin Anda kadang senyum-senyum sendiri, tentu bisa dihapuskan saja. 

3. Lindungi jam kerja utama Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan kepastian tugas kerja hari ini adalah input data, maka hilangkan hal-hal yang bisa membuat fokus Anda terganggu. Berhenti mengecek media sosial, tulis tanda ‘jangan diganggu’ di meja, beri kode dengan memasang earphone, atau jika memungkinkan matikan ponsel sementara. Dengan fokus tinggi, pekerjaan akan bisa diselesaikan tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Singkirkan perasaan tidak enak. Anda boleh egois, kok demi profesionalitas kerja. 

4. Miliki ‘bestie’ di tempat kerja 

Tidak ada pekerjaan yang 100 persen menyenangkan. Tapi lingkungan kerja yang kondusif akan membantu pekerjaan berat sekali pun terasa ringan. Alih-alih mencari musuh yang bisa memicu konflik melelahkan, akan lebih baik jika Anda membangun pertemanan yang tulus di tempat kerja. Bisa bertemu bestie tentu akan membuat Anda bersemangat berangkat kerja setiap harinya.

5. Kurasi perjalanan kerja Anda

Beruntung jika Anda termasuk yang tempat kerjanya dekat dari rumah atau bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. Namun bagi mereka yang harus menempuh perjalanan cukup panjang, maka perlu periksa ulang kebiasaan Anda selama perjalanan pergi dan pulang kerja. Mengisi waktu dengan main ponsel dan scrolling media sosial bukan pilihan terbaik. Sekadar kepo pun melelahkan, lo. Lelah untuk mata dan batin jika tak sengaja menemukan konten yang meresahkan, hehehe. Maka membaca buku fisik yang menyenangkan jauh lebih baik dan sungguh bisa menenangkan perasaan. Atau jika pilihan tidur di sepanjang perjalanan cukup aman dilakukan, ini masih oke sebagai pilihan. (wida)

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.