Beranda » Siasati Pola Makan Sahur Anda, Agar Tak Lemas Sepanjang Berpuasa

Siasati Pola Makan Sahur Anda, Agar Tak Lemas Sepanjang Berpuasa

TABLOIDBINTANG.COM – Saat berpuasa, sesungguhnya kita tak hanya menahan rasa lapar dan haus. Tapi lebih dri pada itu, kita menahan segala nafsu kedagingan kita. Namun, meski begitu, tak dapat dimungkiri, tubuh kita tetap akan memberikan sinyal, kala kurang lebih 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan makanan. 

Sinyal itu bisa berupa tubuh terasa lemas, atau Anda akan merasakan sedikit pusing. Agar tubuh tak lemas, Anda bisa menyiasatinya, dengan memiliki makanan yang tepat saat sahur. Maka aturlah santapan sahur Anda. 

Seperti dijelaskan dokter spesialis gizi klinik, dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, cadangan energi dalam tubuh hanya bertahan selama 10 jam dalam tubuh.

Karena itu, tak heran ketika sudah memasuki pukul 3 sore, kondisi tubuh mulai drop, lemas, ngantuk dan kehilangan daya konsentrasi. Bahkan, mengalami pusing atau mual akibat dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh.

“Karena sekitar 14 jam tidak mengonsumsi makanan dan minuman, tubuh bisa nyaris dehidrasi. Kalau sahur tidak tepat rasa haus itu akan besar sekali,” ungkap dr. Fiastuti 

Karena itu disarankan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, gizi, serat, vitamin serta cairan melalui makanan sehat saat sahur. Ini dibutuhkan agar terhindar dari perasaan haus dan lapar di siang hari serta tetap mendapatkan asupan sehat bagi tubuh untuk menjalankan aktifitas seharian. Salah satunya dengan memperbanyak mengonsumsi makan berserat seperti sayur dan buah-buahan.

Kandungan serat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Ditambah pula, sayur dan buah-buahan mengandung cairan yang dibutuhkan tubuh. Ada pun presentase sahur yang baik menurut dr. Fiastuti, adalah 40 persen dari kebutuhan gizi selama 24 jam, yang terdiri dari makan besar 30 persen, makanan kecil 10 persen, dan air putih sebanyak 3 gelas. Asupan gizi lainnya yang 60 persen dipenuhi saat buka puasa hingga sebelum tidur.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *