Beranda » Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh Akibat Ramsay Hunt Syndrome, Ini Penyebab, Gelaja, dan Cara Mengobatinya

Separuh Wajah Justin Bieber Lumpuh Akibat Ramsay Hunt Syndrome, Ini Penyebab, Gelaja, dan Cara Mengobatinya

TABLOIDBINTANG.COM – Justin Bieber batal tampil di sejumlah konser karena kondisinya yang sedang kurang baik. Dalam sebuah video yang diposting di Instagram, Bieber mengaku tidak bisa menggerakkan satu sisi wajahnya akibat Ramsay Hunt Syndrome.

“Bagi kalian yang frustasi dengan pembatalan konser berikutnya, aku hanya secara fisik, jelas tidak mampu melakukannya. Tubuhku memberitahuku bahwa aku harus melambat. Aku harap kalian mengerti,” ucap Beiber, dikutip dari AP News

Apa itu Ramsay Hunt Syndrome? 

Melansir dari hellosehat.com, Ramsay Hunt Syndrome umumnya menyerang pada orang yang sebelumnya mengalami komplikasi herpes zoster atau cacar api, zoster geniculate, herpes zoster oticus, dan herpes geniculate ganglionitis. Seseorang juga dapat mengalami sindrom ini setelah sembuh dari cacar air. 

Sidrom ini akan sering dijumpai pada pasien berusia dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Namun dalam beberapa kasus yang jarang ditemukan sidrom ini juga menyerang anak-anak.

Sehingga pada saat terkena cacar air sebaiknya, Anda segera melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter supaya meminimalisir terserangnya ramsay hunt sydrome ini. 

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome 

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome adalah infeksi virus varicella-zoster yang sama-sama terdapat pada penderita cacar air dan cacar api. Tidak seperti cacar air bisa, penderita herpes zoster akan mengalami ruam di dekat saraf wajah tepatnya di dekat telinga yang dapat menyebabkan komplikasi lain, termasuk kelumpuhan wajah dan sakit telinga. 

Virus tersebut diyakini menginfeksi pada saraf wajah yang terletak dekat telinga bagian dalam. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya iritasi dan pembengkakan pada saraf-saraf di sekitar area tersebut. 

Kemungkinan besar seseorang yang pernah mengalami cacar, masih memiliki virus ini di dalam tubuhnya. Namun virus tersebut dalam keadaan “tertidur”. Bisa jadi dalam beberapa tahun kemudian, virus tersebut dapat kembali menyerang dan menyebabkan gejala-gejala sindrom Ramsay Hunt, terutama pada saat sistem imun tubuh melemah. 

Gejala Ramsay Hunt Syndrome

Melansir dari laman Mayo Clinic, terdapat 2 gejala utama dari sindrom Ramsay Hunt: 

• Ruam kemerahan yang terasa sakit disertai dengan bintil-bintil berisi cairan, di dalam dan sekitar area telinga. 

• Paralisis atau kelumpuhan pada bagian wajah yang terdapat ruam. 

Pada umumnya, ruam dan juga kelumpuhan wajah terjadi pada saat yang bersamaan. Namun, tak jarang ruam muncul terlebih dahulu, ataupun sebaliknya. 

Gejala Ramsay Hunt Syndrome

• Sakit telinga 

• Pendengaran mulai memburuk 

• Telinga terasa berdengung (tinnitus) 

• Kesulitan menutup salah satu mata 

• Merasa kepala seperti berputar atau kliyengan (vertigo) 

• Perubahan indra pengecap, atau kehilangan kemampuan dalam mengecap makanan 

• Mulut dan mata terasa kering 

Cara Mengobati Ramsay Hunt Sydrome 

Ketika kondisi kesehatan Anda mengalami penurunan dan setelah terkena cacar air timbul gejala-gejala yang disebutkan di atas. Maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan diagnosis yang tepat. Hal ini supaya meminimalisir terjadinya komplikasi jangka panjang seperti: 

Diagnosis dapat dibuat berdasarkan dari hasil pemeriksaan fisik, riwayat kesehatan, serta gejala-gejala yang dialami oleh pasien. Dalam mendapatkan hasil pemeriksaan biasanya dokter akan mengambil sampel cairan dari bintil-bintil di wajah atau telinga Anda.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.