Beranda » Sebelum Mudik, Ketahui Cara Tepat Membersihkan AC Mobil!

Sebelum Mudik, Ketahui Cara Tepat Membersihkan AC Mobil!

TABLOIDBINTANG.COM – Cara membersihkan AC mobil dengan tepat ternyata sampai sekarang masih banyak orang salah memahami. Komponen pendingin ini jelas sangat penting untuk kita jaga untuk mempertahankan kualitasnya.

Pada mobil yang nyaman pasti orang akan mempertimbangkan bagaimana kondisi dari AC tersebut. Maka tidak jarang jika melakukan pembersihan secara mandiri atau ke bengkel jadi solusinya. Sesuai kemudahan yang ada, kini Otoklix.com siap membantu Anda agar bisa lebih mantap memilih service dan jasa untuk perawatan mobil.

“Beberapa faktor bisa membuat kondisi AC menurun dan bahkan tidak sebaik biasanya. Hal seperti ini jelas menjadi bahan pertimbangan kenapa orang menjadi rajin bersihkan mobil,” ujar Helda Sihombing, Manager Konten Otoklix.

Karena, lanjut dia, hanya karena kotoran atau debu pada AC bisa membuatnya tidak dingin kembali. Oleh karena itu, sebelum hal ini terjadi pada mobil kesayangan Anda sebaiknya rajin menjaganya.

Untuk itu, akan lebih baik jika kita sadar dan rajin melakukan pembersihan. Meski tidak perlu ke bengkel resmi atau bengkel umum untuk membersihkannya secara rutin. Jadi simak langkah dan tips membersihkan secara mandiri berikut ini.

Mematikan Mesin Mobil

Pertama ketika ingin membersihkan AC pada mobil kita perlu mematikan mesinnya terlebih dahulu. Karena komponen yang mati akan aman dan tidak perlu dikhawatirkan terjadi hal-hal yang menuai kefatalan. Maka pastikan bahwa mobil dalam posisi mati, ya, untuk keamanan.

Persiapan Alat Pembersih

Selanjutnya kita perlu mempersiapkan berbagai alat kebersihan yang biasanya untuk mobil. Sehingga ketika sudah mulai membersihkan kita tidak perlu wira-wiri untuk mencari peralatan yang lainnya. Pastikan hal seperti ini sedari awal untuk proses yang lebih cepat dan tepat.

Kenali Lokasi Komponen pada AC

Beberapa komponen penting pada AC perlu kita ketahui untuk membersihkannya dengan tepat. Maka dari itu berikut ini beberapa bagian yang perlu untuk Anda persiapkan.

Bagian Blower

Cara membersihkan AC mobil yang tepat adalah mencari bagian blower. Pada bagian glove box atau laci pada sisi dasbor merupakan bagian dari blower. Nah kita perlu menggunakan obeng bentuk plus untuk bisa membukanya.

Kita bisa menggunakan cairan pembersih khusus AC lalu mendiamkannya. Sebelum akhirnya akan terlihat kotoran untuk kita lap bersih. Hal ini akan membantu proses mempertahankan kondisi AC tetap bersih.

Bagian Evaporator

Selanjutnya kita bisa membersihkan bagian ini untuk langkah yang tidak kalah pentingnya. Cara membersihkan ac mobil pada bagian ini adalah mencari lokasi komponen tersebut. Biasanya letaknya pada bagian bawah juga belakang dashboard.

Ketika kondisinya tidak bekerja dengan baik biasanya akan membuat udara panas. Bahkan tidak jarang akan membuat kondisi dari mobil tersebut bau tidak enak sekali. Jadi pastikan untuk membersihkannya dengan benar dan tidak membuang waktu Anda.

Bagian Selang Ventilasi

Tidak kalah penting dengan beberapa bagian tadi yang kita bahas sebelumnya. Cara membersihkan AC mobil pada bagian selang perlu kita ketahui untuk kondisi yang prima. Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan lidi atau benda yang bisa masuk ke dalam selang tersebut.

Pasang Dashboard Kembali

Cara membersihkan AC mobil yang terakhir adalah memasang dashboard kembali ke tempat semula. Setelah semua bagian sudah bersih dan kita pastikan tentu saja semua sudah selesai dan tinggal pemasangan kembali.

Dapatkan Diskon Voucher dari Promo PAKOTO

Demi memberikan layanan yang lebih baik serta memberikan customer journey dan experience yang lebih baik kepada konsumen maupun mitra bengkel, Otoklix resmi meluncurkan website versi terbaru yakni Otoklix.com. Pembaruan website Otoklix ini dilakukan di semua sisi baik User Interface (UI), User Experience (UX), System, dan juga Content.

Untuk merayakan hadirnya website baru Otoklix ini, perusahaan mengadakan promo PAKOTO, yaitu Pakai Aplikasi Otoklix. Semua pengguna aplikasi Otoklix bisa mendapatkan diskon voucher sebesar Rp150 ribu.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.