New Year, New Look in TV

TEROMPET tahun baru sudah berbunyi. Tidak sedikit yang merubah penampilannya di tahun 2010 ini. Entah itu model rambut, gaya berbusana. Sama seperti Anda, program-program di beberapa stasiun TV pun ingin lebih eksis dengan penampilan baru. Baik tampilan set panggung, logo ataupun konten. Semuanya ingin menampilkan yang terbaik dan terunik di tahun 2010.

Salah satunya    Antv. Kebetulan tahun 2010 ini Antv akan berusia 17 tahun. Layaknya remaja yang menginjak usia dewasa Antv pun begitu. “Antv lagi puber-pubernya nih, dan kita menyebut tahun 2010, tahun ‘Antv Berkilau’. Inilah tahun yang menandai orang kembali melirik, menengok, hingga mepelototi antv, karena program program semakin berkilau. Sudah pasti di tahun 2010 Antv akan meningkatkan kualitas program regularnya baik dari sudut konten maupun look-nya. Selain juga memproduksi program baru dengan tujuan membuat antv sebagai entertainment family channel makin eksis,” begitu kata Reva Deddy Utama, GM Produksi Antv.

Program regular Antv yang akan hadir dengan sesuatu yang baru adalah Tawa Sutra. Seperti yang kita tahu Tawa Sutra merupakan sketsa-sketsa komedi yang menghadirkan kelucuan Budi Anduk, Pepi, dan kawan-kawan. Deddy menjelaskan tahun 2010 Tawa Sutra akan muncul dengan konsep baru dan penuh dengan bintang tamu ternama. “Sketsanya komedi makin pendek dan padat serta penuh punchline. Bintangnya juga akan melibatkan selebritis berkelas, dari mulai pemain sinetron, penyanyi juga grup musik terkenal,” papar Deddy.

Sementara program Segerrr Benerrr, akan berbenah dengan set baru yang lebih dinamis. Dengan makin memperkental kekonyolan duet komedian tradisional dan modern. “Lihat saja penampilan Olga, Polo, Ohang dan grup Cagus makin menarik, dan membuat orang tertawa sepanjang acara. Program Oh My God (OMG) juga terus dibenahi, duet Olga Syahputra dan Rafi Ahmad akan terus diasah bersama seleb seleb terkenal lainnya sebagai bintang tamu,” tambah Deddy.

Sedangkan kuis Super Family yang mulai banyak digemari akan memperluas daftar pesertanya. “Saat ini kita menampilkan keluarga bintang artis, nanti kita akan tampil bintang dari komunitas lain, mulai bintang politik, dan tokoh msayarakat hingga intelektual dan publik figur lainnya. Untuk program – program baru masih kita godok, yang jelas bakal menjadi buah bibir, karena konsepnya unik dan barang baru dalam sejarah televisi kita,” ujar Deddy.

Sama seperti Antv, Indosiar juga berjanji akan lebih collorful di tahun 2010. Sepanjang 2009, Indosiar nyaris dikenal sebagai stasiun televisi yang paling banyak memiliki reality show seperti Take Me Out dan beberapa program adu bakat seperti Mama Mia dan Happy Song. “Kami akui beberapa acara unggulan kami saat ini diantaranya reality show seperti Take Me Out dan Take Him Out serta beberapa sinetron,” ucap Humas Indosiar, Gufron.

Memasuki 2010, tidak ada perubahan berarti terhadap konsep-konsep program acara Indosiar. Pasalnya, program unggulan itu sudah terbilang cukup sukses di pasaran. Tapi, menyadari persaingan semakin ketat pada 2010, Indosiar tengah bebenah diri dan menyiapkan amunisi baru.  “Beberapa program acara unggulan untuk 2010 tengah kami godok. Namun, kami belum bisa bicara banyak,” jelasnya. Bukan cuma acara unggulan baru yang akan disuguhkan, Indosiar tengah mematangkan program andalan mereka yang sudah ada. Sedikit bocoran, beberapa program acara lawas yang sebelumnya menjadi icon Indosiar akan kembali ditayangkan. “Kami akan kembali membuat Akademi Fantasi Indonesia (AFI), tapi konsepnya berbeda dari AFI yang sudah ada,” paparnya. “Selain itu, Mama Mia juga akan kami adakan kembali,” sambung Gufron.

Rencananya, Mama Mia akan hadir terlebih dahulu menyapa pemirsa. Mama Mia mulai tayang akhir Januari 2010. Konsep dan kemasan Mama Mia akan berbeda. “Tapi kami belum bisa bicara banyak, karena masih dalam tahap penggodokan,” ujarnya.

Usai Mama Mia menghiasi layar kaca, Indosiar kembali menyuguhkan AFI. Nah, disini Indosiar sedikit terbuka untuk membeberkan konsep dari ajang adu bakat menyanyi tersebut. Kabarnya, AFI tidak hanya melibatkan kontestan lokal saja. Pemenang AFI pun akan diadu kembali di tingkat internasional. “AFI akan berbeda dari sebelumnya. Nanti akan ada AFI ASIA. Jadi pemenang AFI akan diadu oleh juara AFI lain di beberapa negara,” sebut Gufron.

Tapi, kenapa akhirnya Indosiar memutuskan menggunakan program lama mereka sebagai unggulan di 2010? “Cukup sulit untuk membuat sebuah program unggulan. Kami harus menggodok secara matang,” jawab Gufron. Nyatanya, Indosiar bersegemen penonton A,B,C, dan D, yang artinya bisa ditonton semua golongan.

“Makanya, semua keinginan penonton harus kami penuhi. Kami tidak bisa terus menerus reality show atau sinetron melulu. Kami harus variatif. Istilahnya, kami tidak menentukan Indosiar berwarna tertentu. Kami akan lebih berwarna pada 2010,” janji Gufron.

Janji menghadirkan suasan baru di beberapa program unggulannya juga dilontarkan Trans7. Setelah mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dengan suksesnya menayangkan program In House Production, seperti Dunia Air, Dunia Binatang, Homestay, OKB, hingga Opera Van Java, maka untuk tahun 2010, TRANS7 masih tetap akan fokus ke program komedi dan children edutainment.

Untuk mengantisipasi kebosanan penonton, para kreator Trans7 sedang mematangkan sebuah konsep yang lebih unik, segar dan inovatif dengan target audiens menengah ke atas, menyasar kalangan anak-anak (dengan program Children Edutainment), Male (Program Sport), female (program Cooking 911, I Gossip dll) dan keluarga (program OKB, OVJ, dll). Mendengar janji-janji para stasiun TV, terbayang kan bagaimana kompetitifnya persaingan industri broadcasting tahun 2010.

(bis/jul/gur)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *