Beranda » Menteri Kesehatan: Antrean Pendaftaran BPJS Kesehatan Harus Dibenahi, Agar Masyarakat Nyaman

Menteri Kesehatan: Antrean Pendaftaran BPJS Kesehatan Harus Dibenahi, Agar Masyarakat Nyaman

TABLOIDBINTANG.COM – Segala hal yang membuat masyarakat tidak nyaman di rumah sakit harus segera dibenahi. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin  saat melakukan peninjauan ke RSUP. Dr. Mohammad Hosein Palembang, pada Rabu (27/7/2022).

Salah satu yang menjadi perhatian Menkes adalah soal pendaftaran pasien BPJS Kesehatan yang biasanya antre lama dan membuat masyarakat tidak nyaman.

”Dengan demikian antrean masyarakat tidak terlalu lama lagi. Saya ingin segala hal yang membuat masyarakat tidak nyaman itu seperti antrean pendaftaran BPJS Kesehatan, parkir, dan nanti berikutnya kebersihan segera dibenahi,” ujar Menkes Budi.

Menkes budi menekankan pelayanan BPJS Kesehatan harus mempermudah masyarakat.

Hal ini sejalan dengan transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh Menkes Budi. Ada 6 pilar transformasi kesehatan yang diinisiasi, antara lain Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan. Itu adalah 6 kerangka besar yang akan dikejar sampai tahun 2024.

Pembenahan pelayanan antrean di rumah sakit merupakan bentuk transformasi kesehatan di pilar kedua yakni transformasi layanan rujukan.

Pada transformasi ini tidak hanya fokus pada pemenuhan fasilitas dan alat kesehatan untuk mengatasi berbagai penyakit, tetapi juga untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan tanpa antre dalam waktu yang lama.

Pada kunjungannya ke RSUP. Dr. Mohammad Hosein, Menkes Budi mengapresiasi inovasi yang dilakukan pihak rumah sakit. Terutama dalam hal mengatasi antrean BPJS Kesehatan.

”Tadi saya sengaja mau melihat yang menjadi masalah di rumah sakit yaitu antrean pelayanan poliklinik BPJS Kesehatan. Namun saya telah melihat inovasi rumah sakit untuk mengatasi antrean yang banyak (antrean pendaftaran, antrean cari dokter, antrean Lab, dan antrean apotek). RSUP. Dr. Mohammad Hosein sudah merapikan masalah antrean jadi lebih pendek dan beberapa sudah dibuat dengan sistem online atau digital,” tutur Menkes Budi.

***

Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.