Beranda » Mengenang Robbie Coltrane, Manusia Setengah Raksasa Rubeus Hagrid dalam Harry Potter

Mengenang Robbie Coltrane, Manusia Setengah Raksasa Rubeus Hagrid dalam Harry Potter

TABLOIDBINTANG.COM – Robbie Coltrane, pemeran karakter Rubeus Hagrid dalam delapan film Harry Potter, meninggal dunia Jumat kemarin di usia 72 tahun. Karakter Hagrid pertama diperkenalkan di buku Harry Potter and the Philosopher’s Stone sebagai setengah manusia setengah raksasa. Tubuhnya yang tinggi besar membuat sosoknya tak mudah dilupakan para penggemar Harry Potter. Hagrid, sang penjaga kunci, adalah orang pertama yang ditemui Harry Potter (diperankan Daniel Radcliffe) dari Dunia Sihir pada ulang tahunnya yang ke-11 sebelum berangkat ke Hogwarts untuk belajar sihir. Dalam perjalanan dia menjadi semacam mentor bagi Harry Potter.

Selain muncul di delapan film Harry Potter yang membuatnya sangat terkenal, Robbie Coltrane juga ikut main dalam film seperti Ocean’s Twelve tahun 2004 dan dua film James Bond, GoldenEye (1995) dan The World Is Not Enough (1999). Dalam  Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts yang ditayangkan HBO Max awal tahun ini, Robbie Coltrane secara emosional menceritakan kesannya berperan sebagai Hagrid dalam film Harry Potter yang dirilis antara 2001 dan 2011.

“Saya hanya berpikir ini adalah akhir dari sebuah era. Ini 10 tahun hidup saya, anak-anak saya tumbuh besar dalam kurun waktu itu,” katanya, seperti dikutip dari People. “Warisan dari film ini adalah generasi anak-anak saya akan menunjukkannya kepada anak-anak mereka, sehingga Anda bisa menontonnya dalam waktu 50 tahun,” lanjutnya.

Penulis buku Harry Potter, J.K. Rowling memposting penghormatan kepada Robbie Coltrane di Twitter. “Saya tidak akan pernah mengenal siapa pun dari jarak jauh seperti Robbie lagi. Dia bakat yang luar biasa, yang lengkap, dan saya sangat beruntung mengenalnya, bekerja dengannya dan tertawa lepas bersamanya,” tulis J.K. Rowling. “Saya mengirimkan cinta dan belasungkawa saya yang terdalam kepada keluarganya.”

Robbie Coltrane meninggalkan dua anak, Alice dan Spencer, dan mantan istrinya, Rhona Gemmell. Robbie Coltrane menikah dengan Rhona Gemmell pada 11 Desember 1999. Pasangan itu memiliki dua anak. Coltrane dan Gemmell berpisah pada 2003 dan kemudian bercerai.

Terlahir sebagai Anthony Robert McMillan OBE pada 30 Maret 1950, lalu dikenal secara profesional sebagai Robbie Coltrane. Dia diangkat menjadi OBE dalam Penghargaan Tahun Baru 2006 oleh mendiang Ratu Elizabeth II atas jasanya dalam drama. 

Penulis Redaksi

Editor Suyanto Soemohardjo

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *