Beranda » Mengenang Angela Lansbury, Nenek Detektif Cerdik dalam Serial Murder, She Wrote

Mengenang Angela Lansbury, Nenek Detektif Cerdik dalam Serial Murder, She Wrote

TABLOIDBINTANG.COM – Sosok nenek yang gigih, berani sekaligus cerdik yang sukses mengungkap banyak kasus pembunuhan, begitu gambaran serial Murder, She Wrote yang dibintangi Angela Lansbury, yang meninggal kemarin di usia 96 tahun. Serial televisi drama kriminal Amerika ini berfokus pada kehidupan Jessica Fletcher, seorang penulis misteri dan detektif amatir, yang terlibat dalam menyelesaikan serangkaian pembunuhan yang terjadi di kota fiksi Cabot Cove, Maine. Tayang selama 12 musim dari September 1984 hingga Mei 1996, dengan total 264 episode. Tak hanya sukses di Amerika, serial ini juga tayang di berbagai negara. Di Indonesia dulu pernah ditayangkan salah satu stasiun TV Swasta. Murder, She Wrote juga kembali melambungkan popularitas Angela Lansbury yang saat itu sudah berusia 60 tahun.

Tokoh Jessica Fletcher yang diperankan Angela Lansbury dikisahkan sebagai seorang janda pensiunan guru bahasa Inggris, yang lalu beralih profesi menjadi penulis kisah misteri. Sebagai detektif amatir, meski usianya sudah tak muda lagi, Jessica Fletcher selalu terbukti lebih tanggap daripada penyelidik resmi ketika satu kasus pembunuhan terjadi. Dengan hati-hati dia menyatukan setiap petunjuk, mengajukan pertanyaan cerdik, sampai kemudian berhasil membantu pihak berwenang mengungkap kasus dan menangkap pembunuh yang sebenarnya. Dengan gayanya yang khas layaknya seorang wanita tua, rasa ingin tahunya yang teliti, dan caranya mengajukan pertanyaan yang jeli, menjadi daya tarik serial ini. Berbagai peristiwa pembunuhan berhasil dia bongkar dengan kecerdikannya. Insting tajam sosok Jessica Fletcher membuatnya sukses mengungkap kasus dan mendahului polisi yang bertugas.

Pada bulan 1988 setelah serial Murder, She Wrote tayang selama 4 tahun, Angela Lansbury mengungkapkan keletihannya syuting serial ini. Saat itu usianya sudah 63 tahun, dan dia tidak yakin dapat melanjutkan ritme kerja untuk memproduksi serial ini. Satu solusi lalu dibuat, yang memungkinkan Angela Lansbury melanjutkan syuting tapi juga memberinya waktu untuk beristirahat. Strategi ini juga memungkinkan beberapa karakter pendukung mendapatkan porsi  yang lebih banyak. Selama dua musim berikutnya, Angela Lansbury mengurangi penampilannya, hanya muncul di awal dan akhir, untuk memperkenalkan cerita.

Pada akhir musim 1994–1995, Angela Lansbury kembali mempertimbangkan untuk pensiun. Serial Murder, She Wrote akhirnya benar-benar berhenti tayang pada 1996. Tapi jauh setelah serial ini berakhir, publik terus terkenang dengan peran Angela Lansbury sebagai Jessica Fletcher. Apalagi sampai sekarang masih ada stasiun TV yang menayangkan.

Pada 2011 lalu Angela Lansbury, seperti dikutip dari wikipedia, sempat menyatakan ingin membuat penampilan comeback sebagai Jessica Fletcher. Namun, dalam sebuah wawancara tahun 2015, dia membatalkan gagasan untuk mengulangi karakter yang sangat dicintai penonton TV itu. 

Dame Angela Brigid Lansbury DBE, kelahiran Inggris, 16 Oktober 1925, semasa hidup dikenal sebagai aktris dan penyanyi yang memainkan berbagai peran di film, panggung dan televisi. Karirnya di Hollywood menjadi salah satu yang terpanjang, delapan dekade. Wanita yang tercatat sebagai salah satu bintang terakhir dari zaman keemasan bioskop Hollywood, meninggal kemarin di usia 96 tahun. RIP.

Penulis Redaksi

Editor Suyanto Soemohardjo

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *