Beranda » Kelebihan dan Kekurangan Fitur Paylater yang Perlu Anda Ketahui Agar Dapat digunakan Secara Bijak

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Paylater yang Perlu Anda Ketahui Agar Dapat digunakan Secara Bijak

TABLOIDBINTANG.COM – Dalam situasi apa pun, belanja merupakan kegiatan yang tidak pernah berhenti. Manusia perlu mencukupi kebutuhannya dengan melakukan transaksi jual beli.

Saat ini, transaksi makin dimudahkan karena bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa bertransaksi lewat kartu kredit, transfer ATM, debet, sampai menggunakan paylater.

Paylater merupakan metode pembayaran dengan cara menunda atau diangsur secara berkala berdasarkan nilai transaksi. Fitur ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan e-commerce sebagai salah satu metode pembayaran.

Sepintas metode ini mirip dengan metode pembayaran kartu kredit. Hanya saja perbedaanya paylater tidak membutuhkan kartu untuk transaksi.

Kelebihan dan kekurangan fitur paylater

Apa pun yang memudahkan manusia pasti diminati. Termasuk pula dengan fitur paylater. Anda bisa belanja tanpa perlu mengeluarkan uang.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan paylater.

Kelebihan dari aplikasi paylater

 

1. Praktis, mudah dilakukan

Dengan paylater, semua transaksi pembelanjaan dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya tinggal memilih barang yang dibeli dan bayar sesuai waktu tempo yang ditentukan.

Kemudahan ini membuat Anda tidak perlu bolak-balik mentransfer uang. Dengan ini, Anda dapat mengurangi biaya admin bank setiap melakukan transaksi bank.

Traveloka paylater dapat digunakan untuk membayar tagihan wajib bulanan seperti uang air dan listrik.

2. Proses cepat

Keuntungan lain dari aplikasi paylater proses cepat tanpa banyak membuang waktu. Jika dibandingkan dengan kartu kredit, yang mana Anda harus mendaftar nomor rekening ke bank.

Berbeda dengan fitur playlater, Anda bisa mendaftar kapan saja. Tinggal memakai ponsel dan persyaratan yang pendek membuat proses pendaftaran semakin cepat.

(Depositphotos)

3. Dapat digunakan untuk pembayaran sementara

Terkadang situasi darurat membuat orang harus keluar uang seperti membayar uang listrik. Mengingat kondisi keuangan tidak selalu baik, Anda dapat memakai fitur paylater untuk membayar tagihan tersebut.

Melalui fitur ini, Anda bisa bernafas lega walau kondisi keuangan Anda belum cukup.

4. Bebas dari uang cash

Anda bisa memakai paylater sebagai pengganti uang. Dengan hal ini, Anda terbebas dari pencurian uang. Terutama jika Anda harus belanja banyak kebutuhan.

Oleh sebab itu, paylater bisa jadi alternatif jika Anda takut membawa uang banyak untuk

transaksi belanja.

5. Bisa dipakai oleh segala lapisan masyarakat

Sebelumnya, orang untuk memakai paylater harus menggunakan kartu kredit. Terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah slip gaji.

Berbeda dengan aplikasi paylater, Anda hanya perlu memasukan identitas diri seperti KTP. Setelah itu, Anda sudah mendapatkan nominal uang.

6. Dapat dipadukan dengan berbagai promo menarik

Penyedia fitur paylater sering membagikan berbagai promo menarik yang dapat digunakan untuk belanja kebutuhan Anda. Selain makin murah, kehadiran promo mampu menaikan limit saldo paylater Anda. Jadi, Anda dapat belanja dengan lebih maksimal.

Traveloka menyediakan berbagai promo tiket pesawat, hotel, dan akomodasi travel lainnya. Gunakan Traveloka paylater untuk mengakomodasi kebutuhan travel Anda.

Kekurangan dari aplikasi paylater

Tidak bisa dipungkiri dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Apabila tidak cermat dan bijak dalam penggunaan, Anda akan terseret masalah tagihan pembayaran. Khususnya jika Anda punya kebiasaan berikut ini.

1. Membuat Anda mudah berhutang

Walau sangat membantu dalam masalah transaksi, sejatinya paylater tidak lebih daripada hutang. Prinsipnya, Anda mendapatkan pinjaman uang dan harus dikembalikan sesuai

kesepakatan.

Keseringan belanja dengan paylater membuat tagihan yang dibayarkan semakin besar. Selain jumlah uang, Anda juga membayar bunga sekian persen. Nominalnya bunga sangat bervartiasi, tergantung penyedia fitur tersebut.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan barang apa saja yang ingin dibelanjakan dan cara mengembalikan uang pinjaman. Cara termudahnya adalah melihat urgensi kebutuhan yang harus dibayarkan seperti uang listrik.

2. Melahirkan gaya hidup boros

Pengaruh lingkungan terkadang membuat Anda mengeluarkan uang secara berlebihan. Anda mendadak jadi boros akibat faktor pertemanan.

Agar supaya relevan dengan lingkungan Anda, jalur paylater dilakukan agar tetap setara. Pada awalnya akan terasa baik-baik saja. Namun, masalah akan muncul ketika Anda sudah terlewat boros.

Jauh lebih enak jika Anda bergaya sesuai kondisi sekarang. Gunakan paylater secara bijak agar tidak kebablasan di kemudian hari.

3. Risiko kebocoran data

Salah satu persyaratan paylater adalah mendaftar memakai KTP. Seperti yang Anda tahu, KTP merupakan kartu identitas untuk berbagai urusan di Indonesia. Memberikan data pada KTP membuat data Anda rawan dicuri orang lain.

Untuk beberapa tempat, disertakan nomor darurat dengan tujuan mengingatkan tagihan yang harus dibayarkan. Dari nomor saja, data orang lain bisa diretas begitu saja. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari fitur paylater yang tersedia. Apakah sudah membuat Anda merasa nyaman.

Kesimpulan

Paylater merupakan fitur menyerupai kartu kredit, dimana Anda bisa melakukan transaksi tanpa

harus membayar di muka. Anda bisa melunasinya lain hari.

Kelebihan dari aplikasi paylater

? Praktis, mudah dilakukan

? Proses cepat

? Dapat digunakan untuk pembayaran semenatra

? Bebas dari uang cash

? Bisa dipakai oleh semua kalangan

? Dapat dilakukan dengan promo menarik

Kekurangan dari aplikasi paylater

? Membuat Anda mudah berhutang

? Melahirkan gaya hidup boros

? Rawan risiko kebocoran data

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.