Beranda » KALEIDOSKOP 2013: 10 Artis Sinetron Pindah Production House

KALEIDOSKOP 2013: 10 Artis Sinetron Pindah Production House

TABLOIDBINTANG.COM – DALAM industri drama televisi (baca: pesinetronan) Indonesia, imej seorang aktor atau aktris utama lekat dengan rumah produksi atau production house (PH) yang menaunginya.

Jika membaca berita tentang persiapan sinetron Nikita Willy, tentu pembaca sudah bisa menebak sinetronnya merupakan produksi SinemArt dan akan tayang di RCTI. Mendengar Teuku Wisnu bermain sinetron, tentulah sinetronnya dibuat oleh MD Entertainment untuk tayang di MNCTV.

Jika ada artis sinetron yang kemudian meninggalkan PH yang membesarkannya, dan bermain di PH lain, tentu berbagai spekulasi merebak. Apakah ada konflik? Apakah si artis tergiur tawaran nilai kontrak yang lebih menjanjikan dari PH lain? Ataukah justru pihak PH yang tidak memperpanjang kontrak si artis?

Baik artis maupun rumah produksi biasanya tak mau secara gamblang membahas alasan pindah PH. Namun, ada pula segelintir artis yang diperkarakan PH lamanya karena dianggap melanggar kontrak. Ingat gugatan yang dilayangkan MD Entertainment pada Cinta Laura dan Rezky Aditya ketika mereka hijrah ke SinemArt?

Dalam catatan kami, sepanjang tahun 2013 ini cukup banyak artis yang pindah PH. Nama-nama yang kami tulis di sini, adalah mereka yang pernah menjadi pemeran utama di rumah produksi sebelumnya, atau yang sudah bertahun-tahun mendiami PH sebelumnya.

STEFAN WILLIAM

Yuki Kato cilik pernah mencuri perhatian lewat sinetron Inikah Rasanya (Rapi Films) dan Heart Series (Starvision). Kesuksesan Arti Sahabat (2010-2011, Rapi Films) mengukuhkan transformasi Yuki sebagai idola remaja. Usai Gol-gol Fatimah (2011) dan Dia Atau Diriku (2011-2012), Yuki meninggalkan Rapi Films. Ketika masih di Rapi Films, Yuki meraih gelar Aktris Ngetop SCTV Awards 2011 lewat Gol-gol Fatimah. Ia lalu bergabung dengan Verona Pictures dalam Cahaya Gemilang (2012), namun tidak berumur panjang. Sempat masuk Screenplay Productions, membintangi Otomatis Jatuh Cinta bersama Evan Sanders. Sayang, meski promonya sudah eksis, sinetron ini tidak pernah tayang. Ia lantas membintangi Cinta Cenat Cenut 3 (Transinema) di tahun yang sama. Awal 2013, Yuki membintangi Heart Series 2 produksi Starvision. Karakter yang diperankannya, Rachel, diceritakan meninggal dan digantikan karakter baru yang dibintangi Olivia Jansen. Kini Yuki berada di bawah naungan SinemArt, dengan Fortune Cookies sebagai sinetron pertamanya.

ASMIRANDAH


Vanno, sapaan akrab Jonas Rivanno Wattimena, langsung membetot perhatian ketika dipasangkan dengan Velove Vexia di sinetron produksi SinemArt, Khanza (2008). Meski kala itu tergolong pendatang baru, di sinetron selanjutnya ia dipasangkan dengan Agnes Monica dalam sinetron Kawin Massal (2009). Karier Vanno bisa dibilang memuncak ketika membintangi Kemilau Cinta Kamila (2010-2011). Tahun ini, Vanno bersama (mantan?) istri, Asmirandah, pindah ke Screenplay. (Pernyataan Vanno bisa dilihat di sini.)

MIKHA TAMBAYONG


Selain Mikha, sinetron Kepompong juga menjadi lompatan karier bagi Dinda Kirana. Wajahnya yang manis, membuat penonton terpikat pada karakter Beby. Dinda terbilang aktif bermain FTV dan mini seri produksi Frame Ritz. Sampai di penghujung 2012, ia masih mengemban pemeran utama dalam slot New Cookies (sinetron mini seri 5 episode produksi Frame Ritz), berjudul After the Ugly Ducking, Selamat Pagi Tuan Putri, dan Empat Serangkai. Tahun 2013, untuk kali pertama Dinda membintangi stripping produksi Screenplay. Dinda dipasangkan dengan Rizky Nazar, mengemban karakter utama dalam Pesantren & Rock n Roll season 3. Sinetron ini mendapat respon yang hangat, bertahan 151 episode. Dinda juga dianugerahi Aktris Ngetop SCTV Awards 2013 berkat perannya sebagai Nayla dalam sinetron tersebut.

AJUN PERWIRA


Pernah mendapat peran kecil di Pangeran Penggoda (SinemArt, 2006), nama Fendy Chow mulai dikenal pemirsa TV berkat perannya di sinetron Cinderella (2007), produksi MD Entertainment. Sejak saat itu, Fendy setia membintangi sinetron produksi MD, di antaranya: Chelsea, Melati Untuk Marvel, BCL: Bayu Cinta Luna, Antara Cinta dan Dusta, dan banyak lagi. Selama terikat kontrak eksklusif dengan MD, Fendy sempat membintangi film layar lebar produksi PH lain, seperti Milli dan Nathan (Falcon) dan Ayah, Mengapa Aku Berbeda (Rapi Films). Tahun 2012, ia masih membintangi sinetron MD, Berbagi Cinta. Sepanjang tahun 2013, Fendy mulai terlihat di FTV-FTV produksi PH lain. Oktober 2013, Fendy membintangi Istri-istri Suamiku, yang merupakan produksi Amanah Surga Productions. (Pernyataan Fendy soal pindah PH bisa dibaca di sini.)

TITI KAMAL


Ingat bocah imut Eneng di sinetron produksi SinemArt, Eneng dan Kaos Kaki Ajaib (2007)? Pemerannya, Jessica Anastasya, kini telah menjelma jadi remaja cantik jelita. Sosok Jessica sebagai remaja bisa ditengok di sinetron Cinta Bersemi di Putih Abu-abu (2012) dan Super ABG (2012), keduanya produksi Screenplay Productions. Tahun ini, Jessica ‘pulang’ ke rumah produksi yang dulu pernah disinggahinya, SinemArt. Ia memerankan karakter Nana dalam Surat Kecil Untuk Tuhan: The Series, bersama Nikita Willy dan Giorgino Abraham, yang baru saja tamat pada 1 Desember kemarin.

Siapa Menyusul?
Bursa artis pindah PH sepertinya bakal makin bertambah di tahun 2014. Artis yang huruf depannya N, D, dan C, kabarnya juga sudah tidak berada di PH yang dikenal menaunginya. Siapa mereka? Tunggu promo turun saja, ya.

(ray/ade)

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.