Beranda » Jumlah UMKM Capai 65 Juta Unit Pada Kuartal Kedua Tahun 2021, Diprediksi Terus Bertambah

Jumlah UMKM Capai 65 Juta Unit Pada Kuartal Kedua Tahun 2021, Diprediksi Terus Bertambah

TABLOIDBINTANG.COM – Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, memasuki kuartal kedua tahun 2021 jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah alias UMKM mencapai 65 juta unit. Jumlah ini diprediksi terus bertumbuh pada tahun-tahun mendatang. Besarnya pertumbuhan UMKM butuh dukungan langsung maupun tak langsung demi masa depan unit usaha itu sendiri. Karenanya, kolaborasi dengan sejumlah pihak sangat penting. PT Solusi Layanan Digital melalui Wehelpyou melihat masih ada ruang kolaborasi dengan UMKM.

Rata-rata pengelolaan keuangan pada UMKM terbatas pada pencatatan uang masuk dan keluar. Masih banyak kejadian uang pribadi tercampur dana kegiatan usaha. Dikhawatirkan, ini mengganggu perkembangan unit usaha. Wehelpyou melihat pentingnya sistem kasir atau kelola keuangan yang terintegrasi secara digital. Sistem kasir atau Point of Sales (POS) yakni pencatatan transaksi yang dilakukan komputer untuk meningkatkan manajemen usaha jadi lebih mudah dan praktis. Tujuan akhirnya, dipakai sebagai bahan mengambil keputusan, membangun kepercayaan transaksi, dan meningkatkan kualitas usaha.

Sistem kasir di aplikasi Wehelpyou menawarkan pencatatan transaksi, mencetak invoice dan menyambungkannya ke printer melalui bluetooth, pengelolaan produk, laporan penjualan selama 30 hari terakhir, hingga menyediakan QRIS guna memudahkan pembayaran digital cukup dengan memindai QR Code. Penjualan offline juga bisa mengandalkan fitur sistem kasir gratis ini yang akan tersedia saat unit usaha membuka toko di aplikasi Wehelpyou Sell. Dengan begitu, unit usaha dapat mengoptimalkan performa bisnis tanpa biaya tambahan.

“Kami siapkan platform khusus POS agar tiap unit usaha bisa lebih teratur dalam mencatat atau membuat laporan keuangan bisnis. Platform ini tersedia dengan komisi rendah, yakni 10 persen. Ia menjadi yang paling rendah dari platform lain hingga saat ini,” kata Founder and CEO Wehelpyou, Muhamad Noor Sutrisno, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. “Inisiatif Wehelpyou memberi POS gratis kepada UMKM diharapkan menjadi solusi agar bisnis menjadi lebih hebat,” ujar CCO Wehelpyou, Ryo Limijaya.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.