Jenny Rachman “Menemukan Kembali” Putrinya

Jenny Rachman "Menemukan Kembali" Putrinya
Jenny Rachman "Menemukan Kembali" Putrinya

Aktris senior Jenny Rachman (50) sedang berbahagia. 22 Desember lalu, Jenny menerima hadiah bunga dari Ayu Sekarini (22), anaknya. Sudah 10 tahun mereka berpisah. Terakhir, keduanya bertemu sewaktu Ayu berusia empat tahun.

“Ayu tidak pernah tahu bunga kesukaan saya. Dia bilang asal beli saja. Yang dia bawa bunga casablanca. Itu bunga favorit saya,” kenangnya. Saat itu Jenny mengerti, meski 10 tahun tak pernah bertemu, pertalian ibu dan anak tak jua terputus. Jenny selalu ada di hati Ayu. Dan Ayu tak pernah beranjak dari batinnya.

Jauh-jauh hari ketika Ayu masih di New York, Jenny telah meminta putrinya datang menjelang ulang tahunnya ke-50. Ini bukan persoalan usia emas semata. Jenny tampak keukeuh meminta anaknya hadir karena bulan ini genap satu dasawarsa bintang Semau Gue dan Binalnya Anak Muda itu terpisah dari anaknya.

Sejak berusia lima tahun, Ayu tidak pernah lagi meniup lilin bersama mamanya. Begitu pula Jenny luput memperhatikan perkembangan buah hatinya. Akhir pekan ini, di Kebayoran Baru, Jakarta, dua wanita beda generasi ini menyatu.

“Saya enggak mau mengulangi lagi masalah masa silam. Semuanya telah menjadi harmonis. Dua tahun yang lalu saya datang ke Amerika, menyaksikan Ayu wisuda. Saya mengucap terima kasih pada ayah dan ibu sambung Ayu yang selama ini merawat Ayu. Dengan keadaan saya sekarang, Ayu bisa menyayangi saya, suami saya, dan anak-anak dari perkawinan saya yang terakhir,” kata Jenny menahan haru. Harapannya hanya satu, bisa menjaga hubungan manis dengan Ayu dan mantan suami, Budi Prakosa.

Setiap melihat Mama di televisi, saya hanya melihat Mama dari satu sudut pandang, yakni sudut pandang Papa. Setelah Papa dan Mama akur, saya ingin melihat Mama secara utuh,” ungkapnya mendampingi Jenny. Setelah bibit damai disemai, Jenny dan Ayu seperti keranjingan diskusi.

“Kami bisa mengobrol sampai jam tiga pagi. Menjelang subuh, saya masih saja ber-BBM (BlackBerry Messenger-red) dengan Ayu. Ayu punya pangkat baru di mata saya. Tak hanya anak, dia teman curhat yang asyik. Enggak hanya bertukar pendapat, barang-barang saya kadang dipakai juga,” seru Jenny antusias. Agak mengejutkan melihat penampilan Ayu. Terkesan cuek dengan tato di beberapa bagian tubuh. Mulai dari tato musisi ternama Radiohead sampai tato Srikandi.

Ibunya pakai jilbab, kok anaknya pakai tank top. Ibunya menutup aurat, kok anaknya pakai tato. “Pertama kali bertemu, mata saya mendelik melihat tato Srikandi di lengannya. Saya enggak memarahi Ayu, hanya menelan ludah. Dengan kesibukannya, Ayu sering pulang malam. Tapi saya bisa mengerti, toh dulu sewaktu sibuk syuting saya rajin pulang pagi,” akunya lalu tertawa. Tato tak lantas membuat pemeran Irawati dalam film Kugapai Cintamu itu memandang minus anak gadisnya. Walau kehilangan banyak momen si buah hati, Jenny memandang putrinya sekarang sebagai pribadi yang tegar, mandiri, dan survive.

(wyn/gur)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *