Beranda » Jakarta Dance Week Digelar Mulai 27 Maret 2022, Saatnya Seniman Tari Unjuk Gigi

Jakarta Dance Week Digelar Mulai 27 Maret 2022, Saatnya Seniman Tari Unjuk Gigi

TABLOIDBINTANG.COM – Festival Jakarta Dance Week (JDW) pertama akan digelar mulai 27 Maret hingga Juni 2022 mendatang secara gratis. Terinspirasi dari pagelaran fashion week di berbagai belahan dunia, JDW 2022 diharapkan bisa membantu pergerakan ekonomi dan industri kreatif di Jakarta.

Tidak hanya di bidang fashion, Jakarta Dance Week memberikan panggung bagi seniman tari baik mereka yang berprofesi sebagai penari dan koreografer professional maupun amatir untuk menampilkan karya mereka diberbagai tempat di Jakarta.

Soni Marti Lova selaku executive director dari JDW mengatakan, banyak seniman tari yang tidak memiliki wadah untuk mengekspresikan. Latar belakang tersebut membuat Soni menggagas JDW.

“Melihat posisi seniman tari dalam berkesenian dan ragam permasalahan terkait ekosistem tari seperti : Adanya jarak antara seniman tari dari ranah akademisi dan non akademisi. Infrastruktur yang terbatas dan kurang memadai menghalangi seniman untuk berkreativitas,” ujar Soni Marti Lova dalam siaran pers yang diterima Jumat (25/3).

Dari kaca mata Soni, panggung untuk seniman tari yang tidak banyak sehingga membuat etalase untuk karya tari sangat sedikit. Soni juga menyinggung peran pemerintah untuk memajukan seni tari di Indonesia.

“Tidak adanya keterhubungan antara tari dengan masyarakat, ada jarak dimana bagi masyarakat bentuk seni tari adalah seni tradisi, sehingga masyarakat awam tidak paham bagaimana seni tari kontemporer, tari kreasi dan lain sebagainya. Dan yang paling krusial adalah, tidak hadirnya pemerintah dalam berkesenian, khususnya seni pertunjukkan seperti tari,” tambah Soni Marti Lova.

Lebih lanjut Soni Marti Lova berharap,  kehadiran Jakarta Dance Week mampu menjawab berbagai permasalahan tersebut sehingga seniman tari bisa terhubung dengan masyarakat.

Untuk memulai acara perdana dari rangkaian Jakarta Dance Week akan menghadirkan program talkshow bertajuk dance & the city : a casual talkshow pada Minggu (27/3). Selain talkshow, nantinya akan hadir juga ragam pertunjukkan tari di bulan April hingga Juni 2022.

Untuk masyarakat yang ingin ikut terlibat dan berpartisipasi bisa melihat infonya di instagram @jakartadanceweek.

(pri)

 

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *