Beranda » Irish Bella Ungkap Tantangan Menyusui di Masa Pasca Pandemi

Irish Bella Ungkap Tantangan Menyusui di Masa Pasca Pandemi

TABLOIDBINTANG.COM – Proses menyusui merupakan momen penting bagi setiap ibu. Hal ini juga yang dirasakan aktris cantik Irish Bella yang baru melahirkan anak keduanya, Puti Sabai pada 23 Agustus 2022. Diakuinya, bukan hal mudah menyusui anak terlebih di masa pandemi hingga pasca pandemi yang ia alami. Semuanya memiliki tantangan yang beda.

“Situasinya dan tantangannya berbeda antara anak pertama dan kedua. Waktu anak pertama itu masa lock down, tapi anak kedua ini di pasca pandemi dan sudah mulai beraktivitas. Ada kalanya baby di bawa dan harus selalu pumping supaya asi lancar,” ujar Irish Bella di peluncuran produk pompa asi m3 wireless electric breast pump Mooimom di Jakarta, belum lama ini.

Untuk proses menyusui, Irish mengatakan lebih mengutamakan memberikan asi secara langsung. Namun, jika harus beraktivitas di luar rumah, tentunya dibutuhkan pumping agar stok asi tetap terpenuhi dan produksi asi tetap lancar.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Sarah Aulia, IBCLC menjelaskan bahwa pentingnya memberikan asi untuk anak hingga usia 2 tahun. “Asi dapat memperkuat bonding ibu dan bayi serta menjaga daya tahan tubuh bayi,” jelasnya.

Seperti diketahui, ASI penting sebagai makanan bayi setelah lahir karena kaya zat gizi untuk perkembangan otak. ASI juga disertai hormon pertumbuhan, enzim antivirus dan antibakteri, sel darah putih peningkat kekebalan tubuh, serta bakteri baik bagi pertumbuhan dan pembentukan antibodi.

Namun, seringkali memberikan asi menjadi momok bagi ibu-ibu bekerja. Mulai dari kesulitan untuk pumping, faktor stres, hingga produksi asi yang berkurang karena kurangnya informasi hingga teknik pumping yang salah.

“Seringkali ibu bekerja menunda-nunda untuk pumping karena banyak alasan, belum kencang payudaranya, atau lainnya. Padahal, jangan sampai tunggu kencang, sudah harus melakukan pumping secara rutin serta penting untuk menggunakan breast pump untuk memudahkan ibu melakukan pumping dimana pun. Selain itu, ibu juga harus tetap rileks dan santai,” paparnya.

Ia menambahkan, waktu terbaik untuk melakukan pumping yaitu saat dini hari. “Jam pumping saat dini hari jam 3-4 pagi itu paling tinggi keluar ASI-nya, karena produksi asi saat itu paling tinggi,” katanya,

Irish Bella juga mengakui bahwa penting bagi semua ibu untuk memiliki waktu yang santai dan rileks saat pumping. “Yang penting rileks dan happy banget dibantu alat pumping ini. Jadi bisa pumping sambil beraktivitas,” tutup Irish.

 

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *