Beranda » Ini Dia Ciri-Ciri Hubungan Percintaan yang Toxic!

Ini Dia Ciri-Ciri Hubungan Percintaan yang Toxic!

TABLOIDBINTANG.COM – Hubungan yang toksik atau toxic relationship adalah istilah yang menggambarkan situasi hubungan yang tak sehat lagi antara kamu dan si dia. Sebuah hubungan layaknya harus saling melengkapi, membuatmu bahagia, bukan sebaliknya. Kamu mulai merasa tertekan dan menangis.

Tapi, yang terjadi, banyak dari perempuan malah bertahan dalam hubungan yang beracun seperti ini, dengan banyak alasan atau latar belakang. Sebagian mungkin tak sadar kalau dirinya mungkin sedang berada dalam sebuah hubungan yang tidak sehat. Apa saja ciri-cirinya kalau kamu berada dalam hubungan yang toksik? 

• Tidak Ada Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kunci dalam sebuah hubuangan. Sebuah hubungan akan berjalan langgeng, bila kedua belah pihak menjalin komunikasi dua arah dan seimbang. Ketika sebuah hubungan tidak sehat, biasanya komunikasi tidak berjalan dengan baik. Salah satu pihak cenderung menekan, dan lebih mendominasi. Sehingga pasangan merasa terintimidasi, kadang malah takut untuk bicara lebih. Ada bentakan, ada cacian, bisa juga “silent treatment”, kadang saling menyalahkan. 

• Hubungan Ini Membuatmu Jadi Jauh Dari Lingkunganmu

Biasanya pasangan yang toksik ada kecenderungan ingin menyimpanmu hanya untuk menjadi miliknya. Ada rasa posesif berlebihan, cemburu berlebihan, ini membuatmu jadi tidak bisa bergerak bebas. Aktivitasmu, hidupmu banyak dibatasi olehnya, di luar batas-batas kewajaran. Parahnya, kalau kamu tidak menurutinya, bisa merambat pada kekerasan fisik, maupun verbal. 

• Membuatmu Jadi Kehilangan Kepercayaan Diri

Tanpad disadari, bagaimana perilaku dan perkataan pasangan kepada kita, bisa memiliki banyak pengaruh. Salah satunya, yang negatif adalah bisa menggerus rasa percaya diri kita, lho. Salah satunya dengan membuatmu bergantung padanya, kemudian mulai ada dominasi, sehingga kamu jadi merasa memang kamu “tak bisa” tanpanya. Dari segi apapun, emosional maupun finansial. Hati-hati, bila ini sampai mengikis rasa percaya dirimu. 

• Dominasi atau Over-Control

Dia mulai mengontrol hidupmu. Apapun yang kita lakukan harus berdasarkan keinginan dan persetujuan dia. Yang sudah tidak lazim lagi. Ingatlah, bahwa hidupmu bukan miliknya. Kamu berhak sepenuhnya atas hidupmu. 

• Suka Berbohong, dan Manipulatif

Dasar dari sebuah hubungan seharusnya kejujuran dan kepercayaan. Kalau kejujuran saja sudah tidak bisa dikedepankan, berarti ada yang salah dengan hubungan ini, atau dengan si dia. Apalagi kalau kebohongan itu terjadi berulang, lalu dia mulai memanipulasmu.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.