Beranda » Ini Alasan Perempuan Lebih Cepat Terlihat Tua Daripada Pria

Ini Alasan Perempuan Lebih Cepat Terlihat Tua Daripada Pria

TABLOIDBINTANG.COM – Penuaan tentu akan dialami setiap orang, baik perempuan maupun pria. Namun, fakta menyebutkan bahwa ternyata perempuan menua lebih cepat daripada pria. Salah satunya disebabkan oleh faktor hormon.

Hal itu diungkapkan Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Hari Darmawan, Sp.KK dalam diskusi media Skin Talk & Skincare Experience Artistry Vitamin C+HA3 Daily Serum.

Menurutnya, faktor penyebab perempuan tampak lebih tua daripada pria adalah karena wanita memiliki hormon estrogen dan progesteron.

“Perempuan yang sudah memasuki usia 30-40 tahun, hormon estrogen dan progesteronnya langsung drop. Berbeda dengan pria yang hanya memiliki testosteron yang tidak berhubungan dengan aging. Itu alasan kenapa perempuan lebih cepat menua dibanding pria,” jelas dr. Hari Darmawan dalam diskusi media bersama Amway, di Jakarta, Rabu (12/10).

Dia menambahkan, kondisi menstruasi tiap bulan juga menyebabkan kedua hormon tadi naik turun, bahkan saat memasuki menopause, hormon tersebut semakin drop dan membuat perempuan lebih cepat menua. 

Tak hanya itu, faktor gaya hidup dan pola makan juga menjadi penyebab lainnya. “Konsumsi makanan manis tinggi  gula juga berdampak pada penuaan, lalu makanan berminyak dan cepat saji, sebaiknya dihindari,” ujarnya.

Dia menyarankan, perbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi nasi karena mengandung gula juga, olah raga, banyak minum air putih dan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup.

“Tidur yang baik nggak hanya durasi, tapi kualitas tidurnya. Sebaiknya dibawah jam 12 malam. Tidur lebih cepat tapi bangun lebih pagi itu yang baik, bukan sebaliknya tidur tengah malam dan bangun siang. Itu mempengaruhi hormon kortisol. Kortisol akan naik dan mempengaruhi kualitas tidur kita,” papar dr. Hari.

Untuk mengatasi semua faktor-faktor penuaan pada kulit tersebut, lanjut dr. Hari, dibutuhkan pola hidup yang sehat dan terbebas dari stres, serta perawatan kulit wajah yang mengandung bahan aktif yang efektif untuk mengatasi masalah penuaan kulit, seperti Vitamin C, asam hialuronat, peptida, dan antioksidan.”

Sebagai rekomendasi Amway menghadirkan Artistry Vitamin C + HA3 Daily Serum, serum dengan daya kerja tinggi yang mengurangi dampak penuaan dini, seperti garis dan kerutan pada kulit, warna kulit tidak merata, kulit kendur, berminyak, pori-pori besar, kulit kering dan kusam.

“Serum ini aman dan terbukti non-comedogenic, teruji klinis oleh dokter kulit, non-allergenic, cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif,” jelas Febriani Rusli, Group Product Manager Amway Indonesia.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *