Beranda » Hello sahabat Bintang! Apa saja aktivitasmu weekend ini? Gimana kalau kita menco…
Hello sahabat Bintang! Apa saja aktivitasmu weekend ini? Gimana kalau kita menco...

Hello sahabat Bintang! Apa saja aktivitasmu weekend ini? Gimana kalau kita menco…

Hello sahabat Bintang! Apa saja aktivitasmu weekend ini? Gimana kalau kita mencoba menanam cabai di rumah? Ternyata enggak susah, kok.
Ada step dan tips2-nya.
.
1. Menyemai Biji Cabai
Langkah pertama adalah rendam biji cabai dalam air agar mengetahui biji yang berkualitas dengan mengambil biji yang tenggelam. Setelah itu, keringkan dengan dijemur. Dan untuk merangsang pertumbuhan benih, rendamlah biji pada air hangat selama enam jam.
.
2. Buat Media Tanam
Buatlah media tanam dengan mencampurkan tanah dengan sekam atau pupuk kandang dengan perbandingan 2 :1. Selanjutnya semai benih dengan jarak 10 cm agar bisa tumbuh optimal. Tutup media tersebut dengan karung goni basah dan setelah 4 hari ganti dengan plastik transparan. Setelah 30 hingga 45 hari, benih akan tumbuh daun yang menunjukkan berarti sudah siap tanam. 
.

3. Menanam Benih cabai
Siapkan polybag ukuran 30 atau pot bunga sebagai media tanam. Campurkan tanah, pupuk kompos, dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 dan isikan ke dalam polybag atau pot dan beri lubang. Saat mulai besar, pasang bambu setinggi 20 cm di sebelah pohon sebagai penopang agar tetap tegak ketika tumbuh besar.
.
4. Merawat Cabai
Pohon cabai harus tetap dirawat dengan baik agar tumbuh dengan kualitas yang prima. Perawatan yang harus dilakukan antara lain siram setiap hari, sekurang-kurangnya 3 kali tapi jangan terlalu basah, agar tanahnya tidak kekeringan saja. Tambahkan juga pupuk organik sebulan setelah penanaman agar aman untuk dikonsumsi.
.
5. Masa Panen
Masa panen terbaik adalah saat buah belum sepenuhnya berwarna merah, masih ada garis hijaunya agar bisa bertahan 2-3 hari di luar. Biasanya cabai rawit ini mulai panen ketika memasuki umur 2,5 bulan. Petiklah cabai beserta tangkainya di pagi hari setelah embun mengering.

Ikuti terus, teknik menanam dan trennya di www.tabloidbintang.com
#menanam #planting #plantingtrend #bercocoktanam #tabloidbintang

Instagram Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.