Beranda » Ed Sheeran Menangkan Gugatan Plagiarisme “Shape of You”

Ed Sheeran Menangkan Gugatan Plagiarisme “Shape of You”

TABLOIDBINTANG.COM – Ed Sheeran akhirnya memenangkan gugatan plagiarisme, di mana ia dituduh mencuri melodi lagu Sami Switch “Oh Why” (2015) untuk lagu hitnya “Shape of You.” Melansir People, hakim di Pengadilan Tinggi London pada Rabu (6/4) memutuskan Sheeran, “tidak dengan sengaja atau tidak sadar menyalin” lagu “Oh Why” saat menulis “Shape of You” di tahun 2017.

Lewat video yang dibagikan di Instagramnya, Sheeran membuat pernyataan atas kemenangan tersebut. Dia mengaku senang dengan hasilnya persidangan. Namun memperingatkan efek riak yang dapat ditimbulkan kasus ini pada industri penulisan lagu.

“Saya merasa klaim seperti ini sudah terlalu umum sekarang, dan telah menjadi budaya di mana klaim dibuat dengan gagasan bahwa penyelesaian akan lebih murah daripada membawanya ke pengadilan, bahkan jika tidak ada dasar untuk klaim,” kata Ed Sheeran.

Ed Sheeran memenangkan gugatan plagiarisme. (dok.Instagram)

“Ini benar-benar merusak industri penulisan lagu. Hanya ada begitu banyak nada dan sangat sedikit akord yang digunakan dalam musik pop. Suatu kebetulan pasti akan terjadi jika 60 ribu lagu dirilis setiap hari di Spotify,” tambahnya.

Ed Sheeran, bersama dengan rekan penulisnya Steve McCutcheon dan Johnny McDaid dari Snow Patrol, telah terlibat dalam pertarungan hukum sejak penulis lagu Sami Chokri dan Ross O’Donoghue menuduh bahwa kait “Oh I” dalam “Shape of You” “sangat mirip” dengan lagu mereka.

Meskipun mengakui “kesamaan antara frase satu batang” di pengadilan, hakim mengatakan “kesamaan seperti itu hanyalah titik awal untuk kemungkinan pelanggaran” hak cipta. Hakim juga menemukan “fakta” Sheeran belum pernah mendengar “Oh Why,” menurut BBC.

“Saya tidak ingin mengambil apa pun dari rasa sakit dan luka yang diderita dari kedua sisi kasus ini, tetapi saya hanya ingin mengatakan bahwa saya bukan entitas, bukan korporasi. Saya manusia, seorang ayah, suami, putra,” kata Sheeran dalam videonya.

“Gugatan bukanlah pengalaman yang menyenangkan, dan saya berharap putusan ini, itu berarti di masa depan, klaim tak berdasar seperti ini dapat dihindari. Ini benar-benar harus diakhiri,” lanjutnya.

Dia menambahkan, “Saya, Johnny dan Steve sangat berterima kasih atas semua dukungan yang dikirimkan kepada kami oleh sesama penulis lagu selama beberapa minggu terakhir. Semoga kami semua bisa kembali menulis lagu daripada harus membuktikan bahwa kami bisa menulisnya.” 

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *