Beranda » Donnie Yen Bersumpah Tak akan Mengecewakan Arwah Bruce Lee

Donnie Yen Bersumpah Tak akan Mengecewakan Arwah Bruce Lee

TABLOIDBINTANG.COM – Sebelum menjadi aktor terkenal, Donnie Yen menghadapi  pasang surut selama bekerja di industri film selama beberapa dekade, termasuk mengambil peran komedi romantis yang hampir membahayakan kariernya. 

Yen, yang bernama lengkap Donnie Yen Ji-dan, mendapatkan peran akting pertamanya dalam film Drunken Tai Chi (1984) setelah saudara dari salah satu murid ibunya memintanya untuk mengikuti casting. Orang tersebut ternyata adalah koreografer terkenal Yuen Woo-ping. Dalam wawancara dengan South China Morning Post (SCMP) , Yen mengingat bagaimana Yuen juga memintanya untuk mengikuti audisi untuk film komedi romantis Mismatched Couples (1985). Sementara Drunken Tai Chi diterima pasar dengan baik, film kedua Yen – yang mengeksplorasi kombinasi breakdance, kung fu dan slapstick – hampir membahayakan masa depannya di industri film. 

Berbicara tentang hari-hari di  awal kariernya, bintang laga berusia 58 tahun itu mengatakan dia bingung karena tak adanya kontak fisik saat syuting adegan perkelahian di film tersebut. “Saya ingat ketika Tuan Yuen Woo-ping membawa saya ke sebuah film untuk menonton syuting,” kata Yen dalam sebuah wawancara dengan Clarence Tsui. “Saya bertanya kepadanya mengapa semuanya begitu lambat. Mengapa mereka tidak bisa bertarung lebih cepat? Mengapa mereka tidak benar-benar memukul satu sama lain? Saya baru tahu kemudian bahwa itu tidak benar-benar seperti itu. Pembuatan film itu menggunakan bahasa lain, yang sangat berbeda dari apa yang kita ketahui sebagai seniman bela diri,” tambahnya. 

Sebelum menjadi aktor, Yen adalah seorang seniman bela diri yang belajar di perguruan Bow-sim Mark sejak berusia 9 tahun. Berbicara kepada SCMP pada tahun 1995, Yen mengakui bahwa dia mendambakan perhatian di usia muda dan memberontak ketika kedua orang tuanya bekerja. Ayahnya adalah seorang pemain biola dan ibunya mengajar seni bela diri di Boston, Amerika Seikat, tempat Yen dibesarkan. Dia akhirnya pindah ke Tiongkok dan belajar kung fu. Sebagai seorang seniman bela diri, aktor tersebut sangat mengagumi idolanya, mendiang seniman bela diri legendaris Bruce Lee.

“Saya tidak akan mengecewakan Bruce Lee,” katanya kepada SCMP pada tahun 1995. “Saya pikir dia adalah pejuang kung fu yang hebat dengan keterampilan yang tak tertandingi. Jika arwahnya menonton sekarang, saya tidak akan mengecewakannya.” 

Selain sebagai aktor, Yen juga menyutradarai beberapa film. Dia pertama kali dikreditkan sebagai sutradara dalam film 1997 Legend of the Wolf, diikuti oleh dua film 1998: Ballistic Kiss dan Shanghai Affairs. Hari-harinya sebagai sutradara dipenuhi dengan perjuangan. 

Kesuksesan besar Yen dimulai pada tahun 2008 ketika ia berperan sebagai Wing Chun Grandmaster Ip Man, seorang guru Bruce Lee. Waralaba film ini terdiri dari empat seri, dengan Ip Man 4: The Finale yang dirilis pada 2019.

“Setiap aktor yang sukses dapat membanggakan satu peran yang paling diingatnya, dan orang-orang sekarang menghubungkan Ip Man dengan saya, jadi saya rasa saya tidak melakukan pekerjaan yang terlalu buruk,” kata Yen, mencatat bahwa franchise film tersebut memberinya tempat di bioskop Hong Kong dan dunia. “Itu memungkinkan penonton untuk memahami potensi saya, dan itu sangat membantu saya untuk memperluas peran saya

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.