Beranda » Catat, Kulit Bayi 30 Persen Lebih Tipis dan Sensitif Ketimbang Orang Dewasa

Catat, Kulit Bayi 30 Persen Lebih Tipis dan Sensitif Ketimbang Orang Dewasa

TABLOIDBINTANG.COM – Kulit bayi lebih sensitif ketimbang orang dewasa. Spesialis anak, dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, menjelaskan, kulit bayi 30 persen lebih tipis dan sensitif jika dibandingkan orang dewasa. Karenanya, kulit bayi lebih mudah dan cepat kehilangan kelembapan sekaligus rentan terhadap iritasi juga infeksi. Salah satunya, ruam popok. Ruam popok biasanya berupa gugusan kemerahan yang meradang pada bagian bokong lipatan paha, sekitar alat kelamin, serta memicu rasa gatal hingga demam.

“Jika tidak segera ditangani, ruam popok dapat memicu timbulnya jamur yang menyebabkan gatal dan mengganggu kualitas tidur bayi. Kita ketahui bersama, tidur adalah aspek penting untuk perkembangan otak dan kemampuan tubuh dalam memperbaiki sel-sel rusak. Popok menggumpal adalah penyebab tersering dari ruam popok yang paling banyak dikeluhkan,” kata Andreas lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. Setelahnya, ia berbagi 4 tips memilih popok agar kulit sensitif si kecil terlindungi.

Pertama, pilih popok berbahan lembut dan mudah menyerap cairan. Kedua, pastikan kebersihan kulit bayi sebelum dan sesudah pakai popok. Ketiga, tentukan ukuran popok yang pas, tidak terlalu kecil atau besar. Terakhir, oleskan krim antiruam sebelum pakai popok sebagai pelindung kulit dari gesekan dengan popok. Product Manager Makuku Indonesia, Novita Utomo, menyebut, penggumpalan mudah terjadi karena popok pakai inti struktur pulp yang menyebabkan penyerapan tak merata, membuat popok tebal, berat, dan osmosis balik. Ini membuat urine yang telah diserap naik lagi ke permukaan. Risiko iritasi pun membesar.

“Sebagai pionir popok dengan teknologi inti struktur SAP yang pintar menyerap cairan, Makuku mengembangkan Air Diapers dari penelitian intensif untuk mencegah terjadinya osmosis balik. Osmosis balik adalah keadaan di mana air yang telah diserap kembali ke permukaan. Teknologi ini menjadikan Makuku Air Diapers anti gumpal dan ekstra kering karena cepat menyerap cairan,” kata Novita.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.