Beranda » Catat Bu, Perkembangan Koginitif Anak Melesat Hingga 90 Persen Sampai Usia 5 Tahun

Catat Bu, Perkembangan Koginitif Anak Melesat Hingga 90 Persen Sampai Usia 5 Tahun

TABLOIDBINTANG.COM – Usia prasekolah, yakni 3 sampai 5 tahun, adalah fase ketika anak makin aktif dan banyak belajar hal baru, dari kemampuan berbahasa, kognitif, motorik, sosial maupun emosional. Bahkan, perkembangan koginitif anak berkembang pesat hingga mencapai 90 persen sampai usia lima tahun. Sayang, perhatian orangtua terhadap kebutuhan gizi sering agak terabaikan begitu anak memasuki usia prasekolah karena salah persepsi. Orangtua beranggapan di fase ini anak sudah tidak butuh perhatian khusus terkait asupan gizi. Faktanya, nutrisi mutlak diperlukan hingga tahap usia selanjutnya. Terlebih, di usia prasekolah.

Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK mengingatkan, penyebab masalah gizi pada anak paling umum yakni ketidaktahuan orangtua soal kebutuhan gizi di tiap tahap tumbuh kembang anak. Di usia prasekolah banyak orangtua berpikir selama anak mau makan dengan lahap, terlihat sehat dan aktif, itu sudah cukup. “Akibatnya, gizi yang masuk ke tubuh anak tidak cukup mendukung tumbuh kembang maksimalnya,” katanya.

Sementara itu, dr. MN Ardi Santoso, M.Kes, Sp.A menambahkan, pada usia 3 tahun, 80 peren perkembangan kognitif anak naik pesat terutama dalam lonjakan kosakata. Memasuki usia 5 tahun perkembangan kognitif makin pesat bahkan mencapai 90 persen. Kebutuhan nutrisi penting untuk perkembangan maksimal kognitif seperti Omega-3 (DHA) masih sangat dibutuhkan. “Namun, penelitian menunjukkan 8 dari 10 anak berusia 4 sampai 12 tahun di Indonesia kekurangan asupan Omega-3 (DHA). Padahal, kemampuan kognitif yang optimal dapat membantu anak usia prasekolah mulai belajar hal baru,” ulas Ardi.

Selain itu, pada fase prasekolah, si kecil butuh Omega 6, zat besi, protein, lemak sehat, kalsium, vitamin C, dan D. Merespons fakta dan data ini, SGM Eksplor berkomitmen mendukung kemajuan anak Indonesia dengan mengembangkan inovasi produk susu bubuk pertumbuhan SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx. “Dengan pengalaman lebih dari 65 tahun, kami hadirkan produk yang dilengkapi DHA, minyak ikan, Omega 3 dan 6, kalsium, vitamin D, serta IronC, untuk dukung si kecil belajar,” ujar Senior Brand Manager SGM Eksplor 3 Plus, Shiera Syabila Maulidya, lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.