Beranda » Angkat Citra Polisi India, Ini Asal-usul Inspektur Vijay di Film Bollywood

Angkat Citra Polisi India, Ini Asal-usul Inspektur Vijay di Film Bollywood

TABLOIDBINTANG.COM – Film Bollywood merupakan industri perfilman paling produktif di dunia. Jika dibandingkan dengan Hollywood, tiap tahunnya jumlah film yang diproduksi di India jauh lebih besar. Tak bisa dipungkiri, cukup banyak film-film Bollywood yang sukses hingga di tingkat Asia bahkan dunia.

Kepopuleran Bollywood dimanfaatkan untuk memperbaiki citra kepolisian India lewat film-film Inspektur Vijay. Kala itu, kepolisian India dikenal cukup buruk oleh warganya hingga menjadi bahan sindiran dalam beberapa film ataupun serial televisi.

Jagdish Raj Khurana adalah salah satu aktor yang paling sering memerankan karakter polisi. Dalam film-film yang dimainkan, Jagdish Raj Khurana menampilkan sosok polisi sembrono dan selalu telat dalam menangani masalah.

Namun, lewat film Bollywood citra kepolisian India mulai membaik dengan memunculkan karakter Inspektur Vijay. Nama tersebut sangat terkenal dan menjadi ikonik Bollywood.

Karakter polisi baik tersebut pertama kali muncul diperankan oleh Amitabh Bachchan dalam film berjudul Zanjeer pada 1973. Karakter Inspektur Vijay sebagai polisi baik dan menjadi pahlawan itu tumbuh besar di industri Bollywood

Sang sutradara yakni Salim-Javed mengakui, awal membuat karakter Inspektur Vijay sebagai bentuk kritik pada pemerintah India, khususnya polisi yang dinilai gagal mengayomi masyarakat.

Salim merasa pemerintah kurang atensi dan gagal membuat warga tenang dalam menyelesaikan huru-hara politik serta ketidakadilan yang menimpa masyarakat lapisan bawah.

Amitabh Bachchan sukses memunculkan karakter polisi yang heroik, gagah, dan ahli bertarung di Bollywood. Inspektur Vijay pun disimbolkan sebagai harapan akan keadilan yang dirindukan masyarakat India kala itu.

Ternyata karakter yang dibentuk Salim menuai sukses besar hingga karier sang aktor melejit pesat. Amitabh Bachchan mendapatkan 20 peran sebagai Inspektur Vijay setelah film tersebut.

Pada tahun 2019, kepolisian India mengunggah ucapan selamat kepada Amitabh Bachchan, yang dinilai sukses membuat citra polisi baik di mata warganya.

“Selamat Inspektur Vijay @SrBachchan telah terpilih untuk #DadaSahebPhalke Award. Kami salut pada dirimu karena selalu awet muda, energik dan menjadi tokoh yang menginspirasi generasi saat ini,” tulis pemerintahan India kala itu.

Namun bukan hanya Amitabh Bachchan yang berperan sebagai Inspektur Vijay, ada banyak aktor lainnya yang juga pernah tampil menjadi karakter tersebut. Ada Mithun Chakraborty, Anil Kapoor, Ajay Devgan, hingga Jagdish Raj Khurana.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *