Beranda » 6 Tips Bijak Memilih Pinjaman Online Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

6 Tips Bijak Memilih Pinjaman Online Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

TABLOIDBINTANG.COM – Pinjaman online menjadi primadona belakangan ini. Selain menjadi alternatif tercepat bagi Anda yang membutuhkan dana segar, pinjaman online memiliki mekanisme yang jauh lebih mudah dan prosesnya cukup singkat.

Namun, Anda juga harus teliti saat mengajukan pinjaman secara online, jangan sampai pinjaman yang diajukan malah jadi bumerang yang dapat menambah beban keuangan Anda di masa depan.

Ada baiknya Anda meneliti satu demi satu persyaratan dari masing-masing vendor yang tersedia saat ini sebelum Anda mengajukan pinjaman secara online. Berikut ini adalah tips bijak dalam memilih pinjaman supaya manfaat pinjaman online bisa Anda pergunakan semaksimal mungkin.

1. Hitung Kemampuan Membayar

Apabila Anda sering mengikuti kelas perencanaan keuangan tentunya Anda akan familiar dengan pembagian atau prosentase pengelolaan keuangan, yang disarankan oleh para perencana keuangan tersebut. Total pendapatan bulanan yang bisa dipergunakan untuk membayar hutang disarankan tidak lebih dari 30% dari total pendapatan per bulan.

Nah, hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang hendak melakukan pengajuan pinjaman secara online. Jangan sampai total angsuran pinjaman Anda melebihi 30 persen dari total pendapatan bulanan Anda.

Apabila angsuran pinjaman dirasa cukup memberatkan, ada baiknya Anda memilih tenor pinjaman yang jauh lebih lama, atau mungkin mengecek penyedia pinjaman online yang lain. Ada kalanya vendor yang berbeda menyediakan sistem pembayaran yang jauh lebih ringan dari vendor lainnya.

2. Pilihlah Pinjaman yang Memberikan Bunga Terendah

Tak dapat dipungkiri, salah satu alasan yang menarik orang untuk melakukan pinjaman online adalah suku bunga yang kompetitif. Bunga yang rendah tentunya akan membuat masyarakat tertarik untuk melakukan pinjaman tanpa dibebani bunga yang terlalu tinggi.

Maraknya penyedia pinjaman online sebenarnya cukup menguntungkan bagi Anda, sebab Anda bisa melakukan perbandingan tingkat suku bunga sebelum memutuskan mengambil pinjaman.

Anda bisa menggunakan kalkulator pinjaman dari penyedia pinjaman online untuk mengetahui berapa besaran yang harus Anda bayar setiap bulannya dengan jumlah tertentu untuk menghindari salah perhitungan.

3. Tenor atau Waktu Peminjaman Berpengaruh pada Bunga Pinjaman

Sudah jadi rahasia umum bahwa tenor pinjaman atau jangka waktu pinjaman menjadi salah satu hal yang mempengaruhi besarnya bunga pinjaman. Apabila Anda mengambil tenor pinjaman yang cukup lama, maka bunga pinjaman yang harus dibayar juga cukup banyak.

Oleh karena itu pertimbangkan masak-masak jangka waktu pinjaman yang bisa Anda penuhi dengan penghasilan rutin yang Anda miliki saat ini.

4. Cek Legalitas Pemberi Pinjaman

Untuk menghindarkan Anda dari jeratan pinjaman online yang tidak bertanggung jawab, akan sangat bijaksana sekali apabila Anda melakukan pengecekan legalitas penyedia pinjaman.

Pastikan vendor penyedia pinjaman terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cara mengetahui perizinan lembaga keuangan ini sangat mudah sekali, Anda hanya perlu melakukan pengecekan melalui website resmi OJK.

Apabila Anda cukup diburu waktu, Anda juga bisa mengecek legalitas penyedia pinjaman melalui layanan telepon OJK di nomor telepon 157. Apabila penyedia pinjaman tidak terdaftar di OJK, akan sangat baik sekali apabila Anda urungkan niat untuk meminjam secara online dari lembaga tersebut.

5. Ajukan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Hitung baik-baik kebutuhan Anda yang harus mendapatkan pembiayaan dari pinjaman online. Pastikan pinjaman tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab apabila Anda mengambil pinjaman melebihi jumlah kebutuhan, ini malah akan menambah beban keuangan Anda.

Putuskan dengan mantap apa yang yang menjadi kebutuhan utama Anda. Sebagai informasi, apabila Anda membutuhkan dana untuk renovasi rumah atau pembiayaan pendidikan, maka silahkan hitung dengan seksama kemampuan Anda untuk mengembalikan hutang tersebut dalam jangka waktu maksimal 5 tahun.

Tujuan peminjaman uang juga menjadi salah satu pertimbangan penyedia pinjaman dalam memutuskan pemberian jangka waktu pinjaman, contohnya dana untuk renovasi rumah.

6. Pilihlah Lembaga Keuangan yang Memiliki Layanan Pelanggan

Hal lainnya yang patut Anda pertimbangkan saat memilih pinjaman online adalah tersedianya layanan pelanggan. Layanan pelanggan atau layanan konsumen ini sangat penting sekali terutama saat Anda sewaktu-waktu memiliki kendala atau masalah, maka Anda dapat tersambung dengan cepat kepada perwakilan perusahaan penyedia layanan pinjaman.

Layanan pelanggan yang baik juga bisa menjadi salah satu indikasi bahwa penyedia pinjaman online tersebut diakui oleh OJK. Di sisi lain, perusahaan penyedia pinjaman dapat kita lihat memiliki itikad untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan atau konsumen dengan adanya layanan tersebut.

Itu dia beberapa tips yang yang bisa Anda terapkan saat akan melakukan pinjaman dana secara online. Semoga tips yang diberikan dapat memudahkan Anda saat menentukan kandidat pinjaman online terbaik. Dapatkan aplikasi Lancar sekarang juga, gratis download melalui play store di android Anda.

Sebagai perusahaan penyedia jasa pinjam dana online Lancar by Danamas menjadi salah satu perusahaan fintech (Financial Technology) yang telah memiliki legalitas dan diverifikasi OJK. Informasi lebih lanjut terkait proses pinjam dana online di Lancar by Danamas dapat Anda akses melalui laman resmi Lancar by Danamas.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.