Beranda » 5 Manfaat Habatusauda, dari Meningkatkan Produksi ASI Hingga Turunkan Berat Badan

5 Manfaat Habatusauda, dari Meningkatkan Produksi ASI Hingga Turunkan Berat Badan

TABLOIDBINTANG.COM – Habatusauda alias jintan hitam sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Ia salah satu jenis biji-bijian yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan. Lantas apa manfaat jintan hitam dalam pandangan medis? Setidaknya ada lima. Pertama, sebagai obat beragam penyakit. Kedua, meningkatkan produksi ASI. Berdasar A review on Therapeutic Potential of Nigella Sativa: A Miracle Herb, habatusauda banyak digunakan dalam pengobatan bronkitis, asma, diare, rematik hingga gangguan kulit. Bagi ibu menyusui, habatusauda meningkatkan produksi ASI. Ketiga, mengatasi beragam masalah dermatologis dan anti-inflamasi dari jerawat hingga luka bakar. Keempat, dikonsumsi buat program hamil.

Habatusauda rupanya memiliki sifat antioksidan juga antiradang yang baik untuk kesuburan dan keberhasilan promil. Ia dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang didiagnosis mengalami infertilitas. Terakhir, bagi yang ingin menurunkan berat badan, konsumsi minyak habatusauda membantu mengurangi obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) menjelaskan, penggunaan bahan herbal untuk menjaga kesehatan tubuh relatif lebih aman. Penggunaan herbal ini harus dengan takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan, termasuk habatusauda. “Meski herbal biji jintan hitam kaya manfaat, harus tetap diperhatikan takaran dan cara mengonsumsinya. Lebih aman jika dikonsumsi dalam dosis yang sudah terukur. Misalnya dalam bentuk sediaan suplemen,” ujarnya lewat siaran pers yang kami terima pekan ini.

Habatusauda bisa disimpan di rumah sebagai bahan herbal untuk menjaga kesehatan. Namun perlu diperhatikan pula cara mengolah dan menyimpannya. Jintan hitam banyak diolah untuk dijadikan bumbu masakan. Biji habatusauda dapat dipanggang dulu lalu ditumbuk dan dicampurkan untuk bahan masakan. Biji habatusauda yang sudah dipanggang dan ditumbuk bisa disimpan dalam stoples kedap udara agar tidak lembap dan berjamur.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.