Beranda » 4 Keterampilan yang Perlu Dipelajari Para Bidan di Tengah Tekanan dan Pandemi Covid-19

4 Keterampilan yang Perlu Dipelajari Para Bidan di Tengah Tekanan dan Pandemi Covid-19

TABLOIDBINTANG.COM – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat sejumlah profesi lebih rentan terpapar. Salah satunya, bidan yang mampu menjadi sumber dukungan emosional ibu saat menjalani persalinan. Hal ini disampaikan Founder and Direktur Personal Growth Counseling and People Development, Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis lewat siaran pers yang kami terima pekan ini. Ia kemudian memaparkan hasil studi kualitatif lewat metode wawancara mendalam via telepon ke para bidan di berbagai daerah di Indonesia.

“Hasilnya, 40 persen bidan mengalami kecemasan selama pandemi. Lainnya juga mengalami berbagai pengalaman negatif, seperti takut, marah, sedih, dan stres. Karenanya penting sekali melakukan upaya membantu para bidan meningkatkan dan menjaga kesehatan mental. Dengan demikian mereka bisa bekerja secara produktif dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak yang baik di Indonesia,” kata Ratih Ibrahim. Setelahnya, ia memaparkan empat pengetahuan dan keterampilan yang penting dipelajari para bidan.

Pertama, growth mindset atau pola pikir yang mengarahkan individu pada pengembangan diri melalui belajar dan resiliensi; kemampuan beradaptasi dan tetap teguh dalam situasi sulit. Belajar beradaptasi dengan baik salah satu bentuk growth mindset, yang jadi faktor protektif dari berbagai masalah kesehatan mental di tengah wabah. Kedua, regulasi emosi, yakni kemampuan mengelola emosi secara tepat untuk mencapai keseimbangan emosional. Tujuan akhirnya, meningkatkan kualitas kinerja dalam melayani pasien yakni ibu hamil.

Ketiga, manajemen stres yang memungkinkan para bidan mengidentifikasi sumber tekanan dengan menerapkan strategi koping yang berfokus ke sumber masalah. Terakhir, perencanaan Konkret dengan menggunakan perspektif SMART yakni specific, measurable, achievable, relevant, dan time-framed. Ini diharapkan efektif mengurangi kecemasan para bidan. “Saya harap para bidan dapat beradaptasi lebih baik lagi, dapat bertugas dalam kondisi prima, dan memberi pelayanan terbaik bagi para pasien,” pungkasnya.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *