Beranda » 4 Faktor Penting yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Sistem Absensi Online

4 Faktor Penting yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Sistem Absensi Online

TABLOIDBINTANG.COM – Untuk mendukung manajemen kehadiran karyawan, adanya sebuah sistem absensi merupakan media yang sangat penting bagi perusahaan. Sistem absensi karyawan merupakan media yang paling efektif untuk membentuk loyalitas dari karyawan terhadap perusahaan. 

Saat ini ada banyak aplikasi absensi online untuk karyawan yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah Talenta by Mekari. Aplikasi absensi online tersebut bisa Anda akses melalui tautan: https://mekari.com/produk/absensi-kehadiran-online/. Dengan adanya aplikasi absensi online akan memudahkan Anda untuk memantau dan menilai kehadiran karyawan. Selain itu, ada 4 faktor penting yang harus anda pertimbangkan dalam memilih sistem absensi online untuk karyawan.

Kenapa Harus Memiliki Sistem Absensi Online untuk Karyawan?

Memiliki sistem absensi online karyawan merupakan suatu keharusan, karena sistem ini  akan berperan besar untuk perkembangan perusahaan, bisnis, dan kinerja karyawan. Sistem absensi karyawan sangat bermanfaat untuk segala sektor perusahaan, bahkan tanpa pandang skala perusahaan. Sistem absensi karyawan memberikan manfaat yang bisa diukur dari segi administratif karena bisa digunakan untuk membentuk sebuah peraturan perusahaan menjadi lebih disiplin dan teratur.

Perusahaan yang menerapkan sistem multi-shift, pasti harus bisa mengatur jadwal kerja dan lemburan karyawan. Sistem absensi online karyawan sangat berperan untuk pengaturan jadwal, khususnya ketika karyawan harus mengganti shift. Jadi, produktivitas dan efisiensi waktu akan banyak terbuang jika perusahaan tidak menggunakan sistem absensi karyawan.

Faktor Pertimbangan Penting Memilih Sistem Absensi Online untuk Karyawan

Saat ini, ada banyak sistem absensi online yang bisa dipilih, bahkan sebagian dapat diunduh secara gratis dan diinstal secara langsung ke dalam perangkat. Namun, ketika Anda harus memilih sistem absensi, ada 4 faktor yang sangat penting untuk dijadikan pertimbangan. Berikut ini, 4 faktor penting mengenai sistem absensi karyawan untuk bisnis Anda.

1. Efisiensi waktu

Faktor pertama yang harus jadi pertimbangan untuk sistem absensi yang ideal bagi bisnis Anda adalah efisiensi waktu. Setiap sistem yang dibentuk pasti memiliki berbagai macam tujuan dan secara umum sangat mengedepankan efisiensi. Setiap Manajer Personalia pasti membutuhkan data kehadiran setiap karyawan. Dari data-data tersebut tersimpan banyak informasi yang sangat berguna untuk bahan evaluasi karyawan.

Jika sistem absensi tidak mengedepankan faktor efisiensi, maka data-data tidak akan tersaji secara realtime. Pada akhirnya, evaluasi tidak bisa segera dilakukan dan pengambilan keputusan akan terhambat. Maka dari itu, pastikan Anda memilih sistem absensi online untuk karyawan yang dapat menyajikan data kehadiran secara real time. Bahkan, akan jauh lebih baik jika sistem tersebut bisa terintegrasi langsung dengan perangkat mobile Anda.

2. Keamanan Data

Faktor kedua yang bisa dijadikan pertimbangan dan penilaian terhadap sistem absensi online untuk karyawan adalah masalah keamanan data, baik data perusahaan maupun data pribadi setiap karyawan. Setiap perusahaan pasti memiliki data-data yang sensitif dan hanya boleh diketahui oleh pihak tertentu saja. Jika data diretas, maka akan berisiko terhadap privasi setiap karyawan.

Data-data bisa dimanipulasi dan bisa terjadi tindakan memanfaatkan data untuk keperluan yang salah. Dengan aplikasi absensi karyawan yang memiliki tingkat keamanan tinggi, setiap data yang sangat sensitif tetap aman pada tempatnya dan hanya akan digunakan untuk kepentingan yang benar. Jika Anda memilih untuk menggunakan sistem absensi, pilihlah aplikasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

3. Keakuratan dalam Penyajian Data

Setiap manajer personalia pasti membutuhkan data kehadiran karyawan untuk mengambil sebuah keputusan manajemen. Maka dari itu, adanya sistem absensi online untuk karyawan yang baik harus bisa menyajikan data secara akurat. Selain itu, penyajian data yang akurat juga harus disertai dengan kemudahan dalam penggunaanya. Sistem yang sulit digunakan hanya akan membuat pekerjaan menjadi lebih rumit dan sistem kerja cenderung tidak terkontrol.

4. Fleksibel

Beberapa perusahaan mungkin tidak menuntut karyawannya untuk selalu berada di kantor. Bahkan, tren work from home (WFH) semakin menonjol akhir-akhir ini. Namun, keperluan absensi tetap dibutuhkan meskipun karyawan tidak datang secara langsung ke kantor.

Sebuah sistem absensi online untuk karyawan yang Anda pilih harus fleksibel yang artinya layak digunakan untuk berbagai kondisi pekerjaan. Misalnya, karyawan hanya perlu perangkat mobile untuk melakukan clock in dan clock out. Karyawan juga tidak perlu datang ke kantor karena bisa melakukan di setiap tempat sesuai dengan jadwal yang disepakati.

Mekari, Lebih Hemat dalam Satu Aplikasi dengan Modul Absensi

Keempat faktor di atas sangat penting dipertimbangkan ketika memilih software absensi online untuk karyawan. Mekari memiliki berbagai fitur-fitur fungsional dan modern, untuk mendukung kinerja perusahaan Anda.

Salah satunya adalah sistem absensi karyawan yang dilengkapi Face Recognition. Memberikan tingkat keamanan yang lebih terjamin dan mutakhir, karena sistem absensi dilakukan secara real-time dan dapat mendeteksi wajah secara akurat. 

Cara Menggunakan Aplikasi Mekari

Ada beberapa hal yang penting ketika menggunakan Talenta by Mekari sebagai aplikasi absensi online. Cara menggunakannya tentu dengan memberikan semangat tersendiri. Nantinya, karyawan bisa mudah menggunakannya via HP atau Laptop.

Menggunakan Talenta by Mekari bisa dengan cara mendownload terlebih dahulu bisa dengan PC atau laptop. Kemudian lakukan login dalam aplikasi dan bersiap untuk memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi Talenta by Mekari tersebut.

Fitur yang ada di Talenta by Mekari sangat memudahkan penggunanya, baik sebagai karyawan maupun perusahaan dalam memperlancar aktivitas perusahaan terkait absensi, gaji dan fitur lainnya. Hal ini akan memberikan dampak positif serta fleksibilitas dalam pengelolaan karyawan secara menyeluruh.

Selanjutnya jika aplikasi absensi online dari Talenta by Mekari sudah ada baik via HP atau PC. maka Anda tinggal menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya saja fitur request time off, fitur tersebut memudahkan karyawan untuk mengambil cuti. Buka aplikasi pilih request time off dan bisa tentukan jatah cuti misal sehari, setengah hari atau beberapa hari.

Talenta by Mekari Attendance

Apa itu Talenta by Mekari Attendance? software yang merupakan salah satu bagian dari produk Talenta by Mekari. Pada Talenta by Mekari Attendance untuk memberikan solusi kepada perusahaan atau pebisnis untuk pengelolaan karyawan. Baik karyawan dari usaha kecil atau menengah bisa juga dengan bidang retail, bisnis privat, makanan atau minuman serta pelayanan jasa.

Penggunaan aplikasi Attendance ini mampu mengatur absensi masuk, monitoring real time, jadwal shifting, hingga rekap kehadiran otomatis. Jadi keberadaan Talenta by Mekari Attendance ini sangat memudahkan pebisnis atau pengusaha dalam pengoperasian jadwal karyawan, secara akurat, efisien, serta efektif.

Untuk bisa menggunakan Talenta by Mekari Attendance secara gratis bisa dengan mengunduh di playstore untuk memaksimalkan kinerja. Jadi pengguna bisa lebih fleksibel serta melakukan kontroling dengan mudah serta lebih terjamin akurasinya. Oleh karena itu, saran selanjutnya untuk segera melakukan install aplikasi dan melakukan login secara pribadi.

Dengan memanfaatkan software Talenta by Mekari secara bermanfaat serta memberikan nilai positif. Para karyawan saat ini telah melakukan finger print via mobile dengan aplikasi bernama Talenta by Mekari itu. Keberadaan software Talenta by Mekari memang sangat tepat terpilih sebagai salah satu solusi teknologi modern berdasarkan request.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.