Beranda » 4 Cara Mengatasi Sifat Tak Percaya Diri di Tempat Kerja

4 Cara Mengatasi Sifat Tak Percaya Diri di Tempat Kerja

TABLOIDBINTANG.COM – Ada masanya kita diserang penyakit rendah diri atau minderan di tempat kerja. Antara lain ketika muncul perasaan-perasaan negatif seperti merasa kurang kompeten, kurang kerja keras atau bahkan merasa tidak layak dengan posisi yang diemban. Jika perasaan semacam ini terus diikuti dan tidak dilawan, maka dikhawatirkan akan betulan menggerus rasa percaya diri kita. Yang semula hanya perasaan-perasaan negatif, akhirnya benar jadi nyata.

Sebelum benar-benar hilang rasa percaya diri Anda, ada baiknya segera melakukan langkah-langkah antisipasi seperti yang dianjurkan para pakar. Dilansir dari Pure Wow, terdapat 4 langkah yang harus dilakukan sesegera mungkin saat perasaan negatif mulai menyapa. Apa saja itu?

1. Jangan pernah hilang kesadaran atas kekuatan Anda

Kepercayaan diri bisa naik turun. Namun selama Anda mengenali kekuatan Anda di mana, meyakini, dan memegangnya teguh, maka Anda tetap bisa berdiri tegak.

2. Berikan diri Anda sendiri kredit nilai

Jangan menunggu orang lain untuk menilai dan mengapresiasi Anda. Justru jadilah orang pertama yang menghargai pekerjaan Anda sendiri. Dari situ orang lain akan ikut menghargai Anda.

3. Temukan mantra yang membuat Anda kuat

Sebuah kalimat ajaib yang bisa membuat semangat Anda naik seketika. Kalimat seperti, “Kamu pasti bisa!”, “Semangat! Semangat!”, atau kalimat lain yang lebih personal dan pas untuk Anda. Gunakan. Teriakkan kuat-kuat dalam hati atau bisa juga dengan suara, setiap kali Anda merasa akan down.

4. Jangan suka membandingkan

Tidak membandingkan diri dengan pencapaian orang lain artinya Anda fokus pada pencapaian Anda sendiri. Terlalu memperhatikan orang lain malah menyita waktu Anda hingga lalai dengan tugas Anda sendiri.

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *