Beranda » 3 Tips Melatih Disiplin dan Fungsi Eksekutif Anak dengan Disleksia 

3 Tips Melatih Disiplin dan Fungsi Eksekutif Anak dengan Disleksia 

TABLOIDBINTANG.COM – Melatih kedisiplinan dan fungsi eksekutif anak dengan disleksia menjadi penting untuk dilakukan oleh orang tua saat berada di rumah, dan ketika anak menjalankan proses pembelajaran secara hybrid. 

Menurut Psikolog Anak dan juga Wakil Kepala Kurikulum Pendidikan Inklusi Cikal, Vitriani Sumarlis, M.Si, Psi terdapat 3 cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk melatih disiplin dan fungsi eksekutif anak dengan disleksia sebagai berikut. 

1. Membuat Agenda

Anak dengan disleksia membutuhkan struktur yang bertahap,  seperti harus melakukan aktivitas A dulu, lalu dilanjutkan B, dan terakhir C. Menurut Vitriani, orang tua dapat membuat agenda kegiatan sehari-hari bersama anak. 

“Misalnya agenda kegiatan berolahraga di pagi hari. Besok kita olahraga jam 6 ya, mama nanti pasang alarm jam 5.30 pagi ya, nanti mama juga akan bangunin kamu. Nah, alangkah baiknya, orang tua dapat mengingatkan kembali anak dari satu jam atau setengah jam sebelumnya.” ucap Vitriani.

2. Membuat Kesepakatan Orang tua dan Anak

Membuat kesepakatan bersama menjadi salah satu upaya memberikan kesempatan anak untuk melatih kedisiplinannya selain memberikan haknya untuk tetap bersuara. Orang tua dapat berulang kali membuat kesepakatan bersama anak dalam rangka melatih fungsi eksekutif dan kedisiplinan anak dengan disleksia.

“Kesepakatan tidak hanya dapat dilakukan sekali dan tentunya urutan yang dibuat bersama perlu diingatkan secara berkala oleh orang tua untuk dilakukan sesuai tahapannya. “ tuturnya. 

3. Hargai Setiap Keberhasilan Sekecil Apapun

Orang tua dapat melakukan ulasan aktivitas bersama (review) berkala. Apabila dari agenda dan kesepakatan ada yang belum tercapai, maka bersama-sama dengan anak dapat melakukan refleksi. Sedangkan untuk yang telah tercapai, layak untuk diapresiasi. 

“Setelah apresiasi, orang tua dapat membuat kesepakatan kembali untuk hal yang difokuskan untuk dicapai. Satu persatu ditekuni dan dijaga konsistensinya. Mengingat melatih fungsi eksekutif memang penuh tantangan bagi anak dengan disleksia. “ tukasnya. 

Fungsi eksekutif anak dengan disleksia penting untuk dilatih dan memang membutuhkan usaha yang lebih keras. Namun, tidak ada kata tidak mungkin tentunya untuk orang tua mencoba anak dengan disleksia berlatih kedisiplinan dan fungsi eksekutifnya melalui 3 tips tersebut.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *