Beranda » 3 Aspek Penting Saat Memilih Prasekolah yang Tepat Bagi Anak Usia Dini

3 Aspek Penting Saat Memilih Prasekolah yang Tepat Bagi Anak Usia Dini

TABLOIDBINTANG.COM – Menyekolahkan anak sejak usia dini merupakan hal yang esensial menurut para ahli pendidikan anak usia dini sebagai langkah mengoptimalkan potensi, dan kemampuan bersosialisasi anak.

Namun, bagaimana cara memilih sekolah PAUD atau prasekolah yang tepat bagi orang tua dengan anak-anak usia dini? Apa aspek penting yang perlu dilihat dan digali lebih dalam ketika memilih PAUD atau Prasekolah yang tepat bagi anak?

Pakar PAUD, Christopora Intan Himawan Putri, S.Pd M.Psi T, atau yang akrab disapa Intan, menerangkan bahwa terdapat 3 aspek yang harus digali lebih dalam saat memilih PAUD untuk anak usia dini, sebagai berikut.

Pertama, Visi Misi Terhadap Tujuan Pendidikan Anak

Menemukan PAUD atau Prasekolah yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari visi-misi yang dimiliki oleh sekolah. Intan menuturkan bahwa keselarasan visi dan misi jangka panjang pendidikan anak usia dini dari sisi orang tua dengan sekolah sangat penting untuk optimalisasi tumbuh kembang anak. 

 “Keluarga adalah komunitas pertama dan utama anak. Pada masa pandemi ini kolaborasi antara sekolah dan juga keluarga menjadi kunci dari kesuksesan proses belajar. Rumah Main Cikal senantiasa melibatkan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak.” tutur Intan yang juga pendidik di Rumah Main Cikal.

Kedua, Program Belajar 

Mengenali PAUD yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari program belajarnya. “Setiap anak dari setiap jenjang memiliki kesempatan yang besar untuk banyak bereksplorasi melalui lingkungan mereka untuk menemukan ide-ide pemikiran yang akan didiskusikan secara bersama.” tutur Intan. 

Orang tua juga perlu memahami bagaimana program belajar yang berlangsung saat pandemi baik daring, luring, atau campuran (blended learning). 

Ketiga, Bahasa Pengantar 

Setiap orang tua dengan anak usia dini pasti memiliki preferensi tersendiri dalam penggunaan bahasa bagi anak dalam memilih sekolah PAUD, baik itu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. 

Tentu, dalam hal ini Intan juga menuturkan bahwa opsi pemilihan bahasa ini dikembalikan kepada orang tua sebagai bahan pertimbangan ketika memilih sekolah PAUD atau Prasekolah untuk anak usia dini.

Penulis tabloidbintang.com

Editor Tubagus Guritno

Baca di Tabloid Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.